Cari Blog Ini

Selasa, 31 Mei 2022

Cerita Jokowi tentang kagumnya Presiden Afganistan pada Pancasila


Cerita Jokowi tentang kagumnya Presiden Afganistan pada Pancasila

Sabtu, 22 Juli 2017 11:20 Reporter : Purnomo Edi

Jokowi cerita Pancasila. ©2017 merdeka.com/purnomo edi


Merdeka.com - Presiden Joko Widodo di depan peserta Kongres Pancasila IX menceritakan kekaguman negara lain terhadap keragaman dan kerukunan di Indonesia. Salah satunya adalah kekaguman dari Presiden Afganistan, Ashraf Gani.

"Betul-betul mereka mereka sangat kagum, sangat kagum pada Indonesia. 250 juta penduduk, tetapi saat ini dan Insyaallah nanti sampai hari akhir kita tetap bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Jokowi, Sabtu (22/7).

Jokowi menyampaikan, begitu kagumnya dengan Indonesia, Presiden Afganistan meminta Indonesia untuk mengirim ulama atau delegasinya ke sana. Atau justru sebaliknya. Para ulama dan delegasi Afganistan datang ke Indonesia untuk belajar kerukunan dan keragaman.

Presiden Afganistan, lanjut Jokowi, kagum dengan dan penasaran bagaimana Indonesia bisa rukun dan damai. Jokowi kala itu menjawab kuncinya adalah Pancasila.



Meskipun demikian, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia juga harus belajar dari Afganistan. Ini dikarenakan konflik terjadi di Afganistan dan tak terkelola dengan baik berujung pada perang.

"Dua kelompok, satu ngajak dari luar satu ngajak dari dalam. Sampai sekarang jadi 40 faksi. Sehingga beliau (Presiden Afganistan) membayangkan negara kita yang terdiri dari 714 suku. Mereka yang hanya 2 suku saja pecah. Beliau penasaran bagaimana Indonesia bisa bersatu, rukun dan damai. Jawaban saya sederhana, Indonesia memiliki Pancasila," tutur Jokowi.

Jokowi menyampaikan bahwa saat ini Pancasila bukan hanya kebanggaan negara Indonesia saja. Saat ini negara lain mulai melirik Pancasila. "Alhamdulillah, kita selalu terhindar dari persoalan tersebut (perpecahan) dan bisa hidup rukun bergotong royong untuk memajukan negeri ini bersama-sama dengan Pancasila. Pancasila kita harapkan jadi rujukan masyarakat internasional untuk membangun kehidupan yang damai, adil, dan makmur di tengah kemajuan dan kemajemukan dunia," pungkas Jokowi. [ang]

https://www.merdeka.com/peristiwa/cerita-jokowi-tentang-kagumnya-presiden-afganistan-pada-pancasila.html

Tidak ada komentar:

ERWEBS - Erfin Website Maker - www.erfins.com

ERWEBS - Erfin Website Maker - www.erfins.com
ERWEBS - JASA PEMBUATAN WEBSITE PROFESIONAL BOGOR Jasa Pembuatan Website, Iklan & Promo Di Internet, E Mail, Google Search Engine, Google Maps, Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, Forum Jual Beli Kerjasama , News & Info, Update & Renovasi Website ,Merubah Blog Ke Web Dll

KREY / TIRAI ALUMUNIUM OUT DOOR

KREY / TIRAI ALUMUNIUM OUT DOOR
KREY / TIRAI ALUMUNIUM OUT DOOR - Tirai outdoor - tahan hujan, tirai matahari, tirai garasi mobil, krey tahan air, tirai penghalang matahari, tirai teras modern, penutup panas depan rumah.

SHARE THIS / BAGIKAN

HUBUNGI KAMI

 HUBUNGI KAMI DI HP / WA : 



0895 12649 818

0812 56 161720  

WA 0812 56 161720

TERBARU - ERFIN SYAFRIZAL, ERFINS, www.erfins.com

Penerapan ganjil genap di 26 ruas jalan

Penerapan ganjil genap di 26 ruas jalan
penerapan ganjil genap di 26 ruas jalan akan berlaku pada periode Senin - Jumat pada pukul 06.00 - 10.00 WIB dan 16.00 - 21.00 WIB.

ASMAUL HUSNA

CARI AYAT DI AL QURAN

Total Tayangan Halaman