Cari Blog Ini

Jumat, 08 April 2022

9 Gejala Asam Lambung Naik, Bukan Cuma Mual dan Sakit Perut!

9 Gejala Asam Lambung Naik, Bukan Cuma Mual dan Sakit Perut!

LIFESTYLE - Redaksi, CNBC Indonesia
24 December 2021 15:50
SHARE






Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, jagat media dikagetkan dengan meninggalnya seorang selebgram cantik, Laura Anna yang sempat mengeluh sesak napas akibat asam lambung. Asam lambung yang naik sebenarnya wajar terjadi. Namun, gejala asam lambung yang terlalu sering naik kembali ke kerongkongan dapat mengindikasikan penyakit GERD dan perlu diwaspadai. Kenali gejala asam lambung berikut ini supaya Anda bisa lakukan pengobatan dan pencegahan yang tepat.

Apa itu asam lambung?

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan gangguan pencernaan khususnya pada asam lambung yang ditandai dengan refluks asam lambung secara berulang dan dalam jangka panjang.



Gejala asam lambung pada penderita GERD akan timbul karena disebabkan oleh katup atau yang disebut dengan sfingter, yang terletak pada bagian bawah kerongkongan mulai melemah. Sehingga, makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa kembali naik ke kerongkongan.

Gejala Asam Lambung

Jika Anda merupakan salah satu penderita penyakit GERD atau sering merasakan gejala asam lambung, ada baiknya Anda mengetahui gejala asam lambung lainnya selain hanya mual dan sakit perut. Karena gejala asam lambung akan muncul tergantung organ tubuh mana yang terpapar cairan asam lambung. Jadi, tidak semua orang dengan penyakit ini bisa mengalami gejala yang sama.






1. Heartburn atau Rasa Panas di Dada

Gejala asam lambung yang paling sering terjadi adalah heartburn atau adanya sensasi terbakar pada dada bagian tengah. Sensasi rasa panas ini bisa menyebar dari perut hingga ke leher atau punggung.

Selain itu, penderita juga akan mengalami sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum. Heartburn ini umum terjadi setelah makan, berbaring dan saat membungkuk. Ketika asam lambung naik, jaringan yang ada di sepanjang kerongkongan atau esofagus bisa mengalami iritasi akibat paparan cairan asam ini.

2. Rasa Mual dan Muntah

Saat asam lambung naik, gejala lain yang akan muncul adalah rasa mual bahkan hingga muntah.Terkadang penderita memuntahkan cairan bening atau kuning yang terasa amat pahit. Rasa mual tersebut terjadi akibat timbulnya nyeri hebat pada lambung dan ulu hati.


3. Dispepsia

Gejala asam lambung selanjutnya adalah terjadi dispepsia yang sering dikaitkan dengan nyeri ulu hati. Dispepsia merupakan gejala asam lambung yang juga umum terjadi pada penderitanya.

Asam lambung yang naik bisa menyebabkan perut kembung, perut sakit di bagian atas, mual hingga terlalu sering bersendawa. Berdasarkan dari gejala-gejala dominan yang muncul, dispepsia dibagi menjadi 3 jenis, yakni:


Dispepsia Non Spesifik: Keluhan yang timbul tidak jelas untuk bisa dikelompokkan.


Dispepsia Ulkus: Dominan rasa nyeri pada bagian daerah ulu hati.


Dispepsia Dysmotility: Dominan rasa kembung, mual dan cepat kenyang pada perut.

4. Timbul Gejala Asma

Gejala asam lambung yang terlalu sering bisa menyebabkan pemburukan pada gejala asma karena asam lambung melukai bagian saluran udara. Kondisi ini bisa membuat penderita mengalami sesak napas.

5. Mengalami Sakit Tenggorokan

Asam lambung yang sering naik ke kerongkongan bisa menyebabkan iritasi juga pada tenggorokan. Apabila diperiksa, penderita GERD akibat gejala asam lambung yang terlalu sering naik akan menunjukkan kondisi di mana dinding tenggorokan berwarna merah.

Beberapa gejala lain yang timbul akibat radang atau sakit tenggorokan karena asam lambung adalah suara serak dan ada sensasi benjolan pada tenggorokan.

6. Perut Kembung

Makanan yang sudah mengendap pada sistem pencernaan dan tidak langsung tercerna dapat mengakibatkan produksi gas yang terus meningkat. Hal ini bisa disebut dengan acid reflux yang menimbulkan rasa perut kembung setelah mengonsumsi makanan.

Gejala asam lambung naik yang terlalu sering dibiarkan seperti ini bisa jadi mengakibatkan gejala lain seperti heartburn dan sering bersendawa.

7. Napas Bau

Jika Anda sudah rutin untuk menyikat gigi dan membersihkan mulut namun ternyata masih saja memiliki bau mulut, bisa jadi ini merupakan pertanda asam lambung yang sering naik. Bau mulut akibat asam lambung naik ini terjadi sebab adanya pergerakan isi lambung ke kerongkongan.

Selain itu, napas bau juga bisa disebabkan akibat cara mengunyah makanan yang tidak sempurna. Sehingga membuat makanan tersebut membusuk di dalam lambung dan menyebabkan napas yang tidak sedap.


Baca:Efek Minum Kopi, Bikin Sakit Kepala atau Justru Mengobatinya?


8. Batuk Kering hingga Kronis

Batuk kering merupakan gejala asam lambung yang juga umum ditemukan akibat adanya iritasi pada bagian kerongkongan dan tenggorokan. Gejala ini bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Selain batuk kering, penderita penyakit asam lambung juga bisa mengalami gejala batuk kronis.

9. Rasa Asam di Mulut

Asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan dapat menimbulkan gejala rasa asam pada daerah mulut. Selain itu, rasa asam di mulut akibat asam lambung naik juga bisa dibarengi dengan rasa panas seperti sensasi terbakar pada tenggorokan.

Demikian informasi mengenai gejala asam lambung naik atau penyakit GERD yang perlu diwaspadai. Saat asam lambung menimbulkan gejala yang tidak wajar dan gejala mulai memburuk, segera hubungi dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut.


https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20211224134312-33-301779/9-gejala-asam-lambung-naik-bukan-cuma-mual-dan-sakit-perut

Tidak ada komentar:

ERWEBS - Erfin Website Maker - www.erfins.com

ERWEBS - Erfin Website Maker - www.erfins.com
ERWEBS - JASA PEMBUATAN WEBSITE PROFESIONAL BOGOR Jasa Pembuatan Website, Iklan & Promo Di Internet, E Mail, Google Search Engine, Google Maps, Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, Forum Jual Beli Kerjasama , News & Info, Update & Renovasi Website ,Merubah Blog Ke Web Dll

KREY / TIRAI ALUMUNIUM OUT DOOR

KREY / TIRAI ALUMUNIUM OUT DOOR
KREY / TIRAI ALUMUNIUM OUT DOOR - Tirai outdoor - tahan hujan, tirai matahari, tirai garasi mobil, krey tahan air, tirai penghalang matahari, tirai teras modern, penutup panas depan rumah.

SHARE THIS / BAGIKAN

HUBUNGI KAMI

 HUBUNGI KAMI DI HP / WA : 



0895 12649 818

0812 56 161720  

WA 0812 56 161720

TERBARU - ERFIN SYAFRIZAL, ERFINS, www.erfins.com

Penerapan ganjil genap di 26 ruas jalan

Penerapan ganjil genap di 26 ruas jalan
penerapan ganjil genap di 26 ruas jalan akan berlaku pada periode Senin - Jumat pada pukul 06.00 - 10.00 WIB dan 16.00 - 21.00 WIB.

ASMAUL HUSNA

CARI AYAT DI AL QURAN

Total Tayangan Halaman