Cari Blog Ini

SHARE THIS / BAGIKAN

Senin, 21 Maret 2022

Kiai Said Ungkap 4 Aliran Radikal dan Alasan Masuk Indonesia

Kiai Said Ungkap 4 Aliran Radikal dan Alasan Masuk Indonesia


Jumat 13 Sep 2019 07:54 WIB


Rep: Febryan A/ Red: Nashih Nashrullah




X



Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj (kiri).
Foto: Thoudy Badai
Aliran radikal berbeda sesuai tingkatan ideologi dan doktrin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj, mengungkap empat macam aliran radikal yang masuk ke Indonesia sejak ‘80-an.



Keempat aliran itu memiliki tingakatan radikal berbeda, sedangkan yang paling radikal adalah yang masuk terakhir, yakni Takfiri.
Baca Juga
Aliran Dana Radikalisme dari Saudi, ini Jawaban Kiai Said
Bersama BNPT, Universitas Pancasila Waspadai Radikalisme
Sikapi Radikalisme, MOI Sampaikan 4 Kriteria Radikal

Pertama, Wahabi. Aliran ini, kata Said, masuk secara perlahan sejak ‘80-an dengan teologinya yang radikal, tapi tidak tindakannya.

Kelompok ini menilai perayaan Isra’ Mi’raj adalah bidah, Maulid Nabi SAW bidah, dan ziarah kubur musrik. Tapi, ujar Said, kelompok ini menyampaikan hal yang dianggap bidah itu secara santun. Tanpa caci maki.

"Saya tahu persis, dari sananya ulama Wahabi memang melarang caci maki," kata Said ketika menjadi pembicara dalam seminar bertajuk 'Selamatkan Indonesia dari Radikalis, Teroris, dan Separatis' di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Kedua, Salafi. Aliran yang datang dari Yaman ini, ujar Said, lebih keras dari pada Wahabi karena mulai menggunakan caci maki. Kelompok yang mengikuti aliran ini berkeinginan melaksanakan purifikasi ajaran Islam.

Ketiga, Jihadi. Aliran ini lebih radikal dan bahkan bisa disebut ekstrem jika dibandingkan dengan dua aliran sebelumnya. "Jihadi menghalalkan membunuh non-Muslim dan menghancurkan tempat ibadahnya," ucap Said.

Keempat, Takfiri. Menurut Said, Takfiri adalah puncak yang paling sempurna dari radikalisme. Aliran ini, kata dia, dibentuk Syukri Ahmad Mustofa pada 1969 di Mesir.

"Aliran ini menganggap semua orang kafir, kecuali mereka saja yang tidak kafir. Mereka yang membunuh Presiden Mesir Anwar Sadad pada 3 Oktober 1981, membuhuh Menteri Agama Mesir Syekh Husein dan membunuh wartawan Yusuf," papar Said.

Kelompok Takfri ini, lanjut Said, sebenarnya sudah dihabisi Presiden Mesir Hosni Mubarak, tapi banyak yang berhasil kabur ke Semenajung Sinai. Mereka berembunyi di gua-gua dan lembah-lembah.

Alhasil, pengikut aliran Takfiri ini kembali melancarkan aksinya sekitar setengah tahun yang lalu. "Mereka meledakkan bom ketika sedang shalat Jumat dan menewaskan 380 orang," kata Said.

Lebih lanjut, dia menjelaskan alasan mengapa Indonesia juga menjadi sasaran kelompok Takfiri. Kelompok ini di Indonesia sama dengan di tempat asalnya, yakni mengangaggap semua orang, kecuali mereka, adalah kafir. Bahkan, NU dan Muhammadiyah juga dianggap kafir.

"Mengapa? Karena kita dianggap negara yang tidak Islam. Mendukung Pancasila dan UUD 45 itu thaghut dan berhala bagi mereka," ucapnya.

Tak hanya itu, imbuh Said, kelompok ini juga menjadikan produk hukum Indonesia sebagai alasan mengkafirkan. Sebab, menurut mereka, memakai hukum dari hasil olah pikir manusia adalah tindakan kafir.

"Persis dengan cara berpikirnya Abdur Rahman bin Muljam yang membunuh Khalifah Ali bin Abi Thalib dengan dalih tidak melaksanakan hukum Allah. Ali itu dianggap kafir karena kalau mau memutuskan masalah selalu bermusyawarah dulu dengan sahabat. Bagi mereka itu bukan hukum Islam, (tapi) hukum manusia," tutur Said.



Febryan A

https://www.republika.co.id/berita/pxqvuo320/kiai-said-ungkap-4-aliran-radikal-dan-alasan-masuk-indonesia

HUBUNGI KAMI

 HUBUNGI KAMI DI HP / WA : 



0895 12649 818

0812 56 161720  

TERBARU

PALING BANYAK DIBACA

ASMAUL HUSNA

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI YOUTUBE 3

LOKASI

INSTAGRAM

INSTAGRAM
www.instagram.com/erfin_syafrizal

INDOVITA INTERIOR

INDOVITA INTERIOR
KREY KAYU PINTU KASA NYAMUK SHOWER SCREEN PENYEKAT RUANGAN PENYEKAT RUANGAN PLUS KACA ACRILIX KASA NYAMUK MAGNET KASA NYAMUK PARABOLA LIST FIBER KREY ALUMUNIUM VERTICAL BLINDS KREY KAYU / WOODDEN BLINDS ROLLER BLINDS

ABOUT US / TENTANG KAMI

WA 0812 56 161720

VOREZZ

VOREZZ
VOREZZ JASA PEMBUATAN WEBSITE PROFESIONAL BOGOR Jasa Pembuatan Website, Iklan & Promo Di Internet, E Mail, Google Search Engine, Google Maps, Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, Forum Jual Beli Kerjasama , News & Info, Update & Renovasi Website ,Merubah Blog Ke Web Dll

IN ENGLISH

IN ENGLISH
IN ENGLISH

ERFINS

Paket Wisata WISATAMA

Paket Wisata WISATAMA
Paket Wisata WISATAMA

MY TWITTER

MY TWITTER
https://twitter.com/erfinsyafrizal3

CONTACT US / HUBUNGI KAMI

Total Tayangan Halaman

ERFIN PROPERTI - JUAL - BELI - SEWA - KERJASAMA - Hp / WA 081288785060

Entri yang Diunggulkan

KREY / TIRAI ALUMUNIUM OUT DOOR - Tirai outdoor - tahan hujan, tirai matahari, tirai garasi mobil, krey tahan air, tirai penghalang matahari, tirai teras modern, penutup panas depan ruma,

  ABOUT US / TENTANG KAMI I N D O V I T A Bogor - Jakarta - Tangerang - Bekasi - Depok  Banten - Cikarang  Hp / WA : 0812 56 161720 1. KR...

ERFINS














TAG : wisata bogor, wisata bandung, tempat wisata alam di bogor, wisata bogor yang sudah dibuka, tempat wisata di bogor yang murah, wisata terdekat, tempat wisata hari ini, wisata puncak,

BERANDA

PRODUK DAN JASA

MY YOUTUBE1 - PLAYLIST - LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL

WISATAMA

WISATAMA
WISATAMA bergerak di bidang Jasa Perjalanan Wisata, Tour Travel, Event Organizer, Jasa Guide.

LAGU KARYA ERFIN SYARIZAL

LAGU KARYA KAMI DI SOUNDCLOUD

ERFIN SONG & MUSIC MAKER

ERFIN SONG & MUSIC MAKER
ERFIN SONG & MUSIC MAKER - ESMM JASA PEMBUATAN LAGU DAN MUSIK Kami menerima pembuatan lagu dan musik. Jasa dari kami : Jasa pembuatan aransemen lagu murah, Jasa pembuatan jingle, Jasa produksi lagu, Jasa aransemen lagu , Jasa pembuatan lagu karaoke, Jasa pembuatan lagu mars, dll.

MY YOUTUBE 2

AKBAR SUPER EXPRESS

AKBAR SUPER EXPRESS
AKBAR SUPER EXPRESS - ASE SAME DAY,JASA PENGIRIMAN MAKANAN SEHARI SAMPAI, ASE 1 HARI SAMPAI,PENGIRIMAN KILAT SATU HARI, PENGIRIMAN PAKET 1 HARI SAMPAI