Cari Blog Ini

Jumat, 11 Februari 2022

Bahasa Palembang

Bahasa Palembang



Tingkatan

Bahasa Palembang mempunyai dua tingkatan, yaitu baso Pelembang alus atau bebaso dan baso Pelembang sehari-hari. Baso Pelembang alus dipergunakan dalam dialog dengan pemuka warga, orang-orang tua, atau orang-orang yang dihormati, terutama dalam upacara aturan sejak dahulu kala. Bahasa ini berakar pada bahasa Jawa karena raja-raja Palembang berasal dari Kerajaan Majapahit, Kerajaan Demak, dan Kerajaan Pajang. Itulah sebabnya perbendaharaan kata Baso Pelembang Alus banyak persamaannya dengan perbendaharaan kata dalam bahasa Jawa.

Sementara itu, baso sehari-hari dipergunakan oleh wong Palembang dan berakar pada bahasa Melayu. Dalam praktiknya sehari-hari, orang Palembang kebanyakan mencampurkan bahasa ini dan bahasa Indonesia (pemilihan kata berdasarkan kondisi dan koherensi) sehingga penggunaan bahasa Palembang menjadi suatu seni tersendiri.

Bahasa Palembang memiliki kemiripan dengan bahasa kawasan di provinsi sekitarnya, seperti Jambi, Bengkulu bahkan provinsi di Jawa (dengan intonasi berbeda). Di Jambi dan Bengkulu, akhiran 'a' pada kosakata bahasa Indonesia kebanyakan diubah menjadi 'o'.
Kamus bahasa Palembang

Dalam bahasa Palembang, awalan me- seringkali tak dituturkan. Misalnya:
Jingok (lihat) bila diberi awalan me- akan menjadi "nyingok" bukan menjingok.
Goco (pukul) bila diberi awalan me- akan menjadi "ngoco" bukan menggoco.


Di bawah ini yaitu beberapa kata dalam bahasa Palembang dan gunanya dalam bahasa Indonesia:
A
lepas dari bahaya / amon = jikalauContoh: Lepas dari bahaya kau ke sano gek, jangan lupo bawa pempek.Arti: Jikalau kamu ke sana nanti, jangan lepas dari jalan melakukan sesuatu bawa pempek.
antok = antukContoh: Kartu kau tu antok, ulang oi!Arti: Kartu kamu itu terantuk, ulang dong!
asak = asalkanContoh: Asak kau dapet cepek, ku enjok mobil la.Arti: Jikalau kamu mendapatnya dengan cepat, aku kasih mobil deh.
awak = padahalContoh: Awak kau yang salah, nak nyalahke wong.Arti: Padahal kamu yang salah, mau menyalahkan orang.
awan = siangContoh: Awan tadi, budak Kertapati menang lomba bidar.Arti: Tadi siang, anak Kertapati menang lomba bidar.
B
bae = sajaContoh: Kau bae la yang bayar.Arti: Kamu sajalah yang bayar.
balak = masalahContoh: Dak usah nyari balak la, kagek celako kau.Arti: Tak usah cari masalah deh, nanti kamu celaka.
balek = pulangContoh: Aku abes ni nak balek ke rumah.Arti: Aku setelah ini mau pulang ke rumah.
balen = ulangContoh: Balen oi, mano ado maen cak tu.Arti: Ulang dong, mana benar main begitu.
banyu = cairanContoh: Nak minum apo? Jawab: Banyu putih be.Arti: Tanya: Mau minum apa? Jawab: Cairan putih saja.
baseng = terserah/sembaranganContoh: Baseng kau la, aku dak melok-melok bae.Arti: Terserah kamu sajalah, aku tak ikut (kalau terjadi masalah, aku tak ikut kena getahnya).
basa = gawatContoh: Basa ni! dak pacak gawe galo.Arti: Gawah nih! Tak dapat kerjakan semua.
baso = bahasaContoh: Ae, baso Inggris bae dak pacak kau, cupu ni!Arti: Ya ampun, bahasa Inggris saja kamu tak dapat, pecundang nih!
bebala = bertengkar (mulut)Contoh: Wong sebelah ni galak bebala sampe subuh.Arti: Orang sebelah suka bertengkar sampai subuh.
belagak = tampan, cakep, rapiContoh: Wew, belagak nian kau hari ni!Arti: Wah, rapi sekali kamu hari ini!
belago = bertengkar saling pukulContoh: Budak kecik tu galak belago, laporke plisi peh?Arti: Anak kecil itu suka berkelahi, laporkan ke polisi yuk?
bengak = bodohContoh: Bengak nian kau ni, baco be dak pacak!Arti: Bodoh sekali kamu ini, membaca saja tak bisa!
begoco = berantem/berkelahiContoh: Dak usah jingok jingok, begoco be kito!Arti: Tak usah lihat-lihat, berantem aja kita!
berejo = bersusah-susah, berusahaContoh: Berejo la kau! tula, diomongi dak galak dengar.Arti: Berusahalah kamu! Makanya, diberi kenal tak mau dengar.
Bi Cek = ibu, bibi, tante; bi cik (bibi kecik) = bibi kecil, panggilan untuk tante dalam keluarga akbar yang sangat kecil/muda.Contoh: Bi cek! nak ke mano?Arti: Bibi! Mau ke mana?
budak = anakContoh: Budak tino Pelembang emang cindo-cindo galo.Arti: Anak perempuan Palembang memang cantik-cantik semua.
buntang = bangkaiContoh: Depan kelas kito ado buntang tikus.Arti: Di depan kelas kita benar bangkai tikus.
buyan = bodohContoh: Makonyo berusaha bisa biar dak jadi buyan, adekkuArti: Karenanyanya berusaha bisa saudara kandung yang lebih mudaku, supaya kamu tak menjadi bodoh.
besak kelakar = akbar omongContoh: Kau tu besak kelakar bae, jadi be idak.Arti: Kamu itu akbar omong saja, jadi aja enggak.
bedalu = begadangContoh: Jangan nemen nian bedalu kau tuArti: Jangan sering begadang kamu itu
C
cak = seperticontoh: budak itu rai nyo cak wong nak ngamuk sepanjanganArti: Anak itu wajahnya seperti orang mau marah terus.
cak mano = bagaimanaContoh: Cak mano ni? pacak dak lulus kito niArti: Bagaimana ini? Dapat tak lulus kita.
cak itula = ya begitulahContoh: Cak itula, basa nian kitoArti: Begitulah, benar-benar dalam kesukaran kita.
calak = pintar, cerdik <kadang terkesan curang>Contoh: Oi calak nian kau e, wong ngaki kau bawak kereta.Arti: Cerdik juga kamu ya, orang lain jalan kaki kamu bawa sepeda.
cemeke'an = pelitContoh: Cemeke'an nian, goceng be dak ngasi.Arti: Pelit sekali, mamberi lima ribu saja tak mau.
cetuk = patukContoh: Lakinyo mati dicetuk ulo.Arti: Suaminya meninggal dipatuk ular.
cotang = menebak-nebak dalam soal pilihanContoh: Cotang 5 bener 4, hebat dak?Arti: Sembarangan jawab lima soal, benar empat, hebat tidak?
cugak = kecewaContoh: Keno cugak be aku lantak dio.Arti: Aku kecewa karena dia.
Cucung = cucuContoh: Woi cung, kalo kau ke Plaju, belike aku pempekArti: Cu, jikalau kamu ke Plaju, belikan kakek/nenek pempek.
cindo = cantikContoh: Cindo nian tino tu, pacak "peca utak" lepas dari bahaya jingokinnyo terus.Arti: Cantik sekali perempuan itu, dapat "pecah otak" jikalau melihatnya terus.
cenela = sendalContoh: Woi, jangan pake cenela aku!Arti: Woi, jangan pakai sendal saya!
cangking = jinjingContoh: Cubo dicangking bae, biar mudah.Arti: Coba dijinjing aja biar mudah.
cokot = gigitContoh: Hamper be aku tadi dicokot anjingArti: Nyaris saja aku tadi digigit anjing
D
Dak papo = tak apa-apaContoh: Dak papo la! Cuman denget bae.Arti: Tak apa-apalah, cuma sebentar saja.
dak katek / katek = tak benar (lebih tegas)Contoh: Dak katek noda nian kau ni!Arti: Tak benar noda sekali kamu ini!
dak katek-katek = tak benar terusContoh: Aku pegi ke sano? Dak katek-katek.Arti: Aku pergi ke sana? Tak benar terus.
dak terti = tak mengertiContoh: Dak terti aku pelajaran ni.Arti: Aku tak mengerti pelajaran ini.
dewe'an = sendirianContoh: Pegi samo siapo kau? Dewe'an be?Arti: Pergi sama siapa kamu kesana? Sendirian saja?
dulur = saudaraContoh: Oi dulur! Po kabar?Arti: Saudara! Apa kabar?
deken = duluContoh: Ai, ngopi deken biar dak ngantok.Arti: Aduh, minum kopi dulu supaya tak mengantuk.
E
emak : ibuContoh: Emak, ado yang ngolake aku.Arti: Ibu, benar yang mempermainkan aku.
enjuk = beriContoh: Enjuk siapo la bunga ni, yo?Arti: Diberikan dengan siapa bunga ini, ya?
ekar = kelerengContoh: Ekar aku hargonyo goban, kau punyo?Arti: Kelereng aku harganya lima puluh ribu, punya kamu (harganya berapa)?
ecak-ecak = pura-puraContoh: Kau ni jangan ecak-ecak dak tau.Arti: Kamu ini jangan pura-pura enggak tau.
Eder = benar/beresContoh: Gawean kau ni dak pernah eder.Arti: Kerjaan kamu itu tak pernah benar/beres.
G
Galak = mau, sering, sukaContoh: Galak makan dak? (galak = mau)Contoh: Aku galak dengan kau. (galak = mau/suka)Contoh: Tu la, galak takok'an, keno batunyo kau sekarang. (galak = sering)
galar = lantaiContoh: Kaparke bae mangkok tuh di pucuk galar.Arti: Letakkan saja mangkuk itu di atas lantai.
galo = semuaContoh: Wong kito galo.
gancang = cepatContoh: Gancang dikit kak, kagek telat aku ni sekolah.
gedek = dinding / tembokContoh: Lukisan sikok itu tolong dipasang di gedek sebelah sano yo mang.
geli-geli = mudah (bahasa kiasan yang diambil dari geli yang definisinya sama dalam bahasa Indonesia)Contoh: Mak ini sih geli-geli bae.
geli-geli basa = sangat mudahContoh: Pacak dak? Geli-geli basa.
geta basa = bokek, pelitContoh: Geta basa dio tu.
goco = tinjuContoh: Ati-ati samo preman itu, kagek keno goconyo.
gandekan = ahli/jagoContoh: Wai, budak itu gandekan nian maen ekar.Arti: Wow, anak itu ahli/jago sekali jadi pemain kelereng.
I
idak = takContoh: Idak galak makan dio dari kemaren.Arti: Tak Mau makan Dia dari Kemarin.
igo = terlaluContoh: Tula pelit igo! Rasoke kau sekarangArti: Itulah Pelit sekali ! Rasakan kamu Sekarang
iwak = ikanContoh: Iwak belido emang paleng padek dibikin pempek.Arti: Ikan Belida Emang sangat enak dibikin Pempek.
J
jabo = luarContoh: Tolong buangke sampah ni ke jabo, yo.
jingok = lihatContoh: Jingok- ingok kalo kakak aku dateng, yo
jiron = tetanggaContoh: Kenal dak kau samo jiron kawu?
julak = dorongContoh: Kau dijulak siapo dek? Ngapo pacak nyampak cak ini?
Jero = dalamContoh: Kambang ini jero nian.Arti: Empang ini dalam sekali.Contoh: Cubo cari di jero kamar.Arti: Coba cari di dalam kamar.
jeramba = jalan/jembatanContoh: Nah, jeramba kayu iko la banyak yang bolong.Arti: Nah, jalan/jembatan kayu ini sudah banyak yang bolong.
K
kacek = selisihContoh: Kacek dikit jugo, dak apo la.
kacuk-an = sanggamaContoh: Jangan kacuk-an di luar nika ye, doso tu!
kagek = nantiContoh: Nak pegi, lum? Kagek, yo.
kambang = kolamContoh: Wow, kambang iwak makin cantik bae mak ini ari.
kanji = genit/nafsu seksual berlebihan/binalContoh: Jingokla, betino itu kanji nian galak ngucak lanang.
katek = tak benarContoh: Kesian jingok dio, katek duit, katek rumah, katek kerjo.
kecik = kecilContoh: Pempek telok kecik seporsi berapo?
kelaso = tikar, alas duduk, alas tempat tidurContoh: Bentangke la kelaso tuh, aba kau nih nak tiduk dulu.
kempet = kempesContoh: Ai, ban mobil aku kempet pulo.
kendak = kehendak/kemauanContoh: Kendak aku ni cak ini, ngapola jadi cak itu?
ketek = perahuContoh: Turis tu lagi naek ketek nyebrang sunge musi
kito = kitaContoh: Wong kito galo.
kleker = kelakarContoh: Mang Cek kau tu emang rajo kleker, ngehayal telalu tinggi.
klepeh = dompetContoh: Supayo dak dimaling, pastike klepeh ditempek ke jangan baseng.
kocek = potong, kupasContoh: Diemla, agek kukocek palak kau!
kambang = empang
L
la = sudahContoh: La berakhir lum? Lamo nian.
ladeng = pisauContoh: Kau buang ke mano ladeng bekas kau nujah tadi?
laju = ayo, akibatnya/jadinyaContoh: Galak laju, dak galak sudah. (laju = ayo)Contoh: Lantak bebala, laju keno marah budak tu (laju = akibatnya/jadinya)
lajuke = urusiContoh: Lepas dari bahaya kau galak, lajuke la.
lanjak'i = mengerjakan, mengurusiContoh: Mumpung regonyo murah, lanjak'i la cek
lantak = gara-garaContoh: Lantak kau la, jadi rusak komputer aku ni.
lemak = enakContoh: Makanan di sini la dak lemak, mahal pulo.
lihai = pandaiContoh: Lihai nian dio matematika, les di mano dio, yo?
lokak = kerjaan, masalahContoh: Kalo ado lokak, kabari bae aku ye mang.
lolo = bodohContoh: Alangke lolo gawe budak kecik tu.
lum = belumContoh: Sudah, lum?
linjangan = pacarContoh: Hai, linjangan kau sekarang sapo?Arti: Hai,pacar kamu sekarang siapa?
M
madak'i = Masa, sih?Contoh: Mada'i kito kalah? Perasaan la lemak tekwan kito ni.
mak ini ari = hari giniContoh: Mak ini ari, mase ado bae wong yang galak maleng ayam.
Mang Cek = pamanContoh: Di rumah mang cek aku ado kebon rambutan.
melok = ikutContoh: Aku nak ke tempek tino tu, melok dak?
mekek-mekek = berteriak/memekikContoh: Oi cek, ngapo dio la dari tadi mekek-mekek?
mekot, milu = ikutContoh: Mekot oi ke sano, la bosen aku di siko.
menujah = menusukContoh: Wai, kawu ni mirip yang nujah adek aku dulu tu.
mengot = lengkungContoh: Mistar ni pacak mengot pulo.
meseng = buang cairan akbarContoh: Budak tu galak meseng di celano lepas dari bahaya aku kejutke.
metu = keluarContoh: Dio tu dak pernah metu dari kamar sejak ditujah aku.
merep = mirip, miripContoh: Yyo merep wong ini.
minta alem = manja, cari perhatianContoh: Minta alem nian dio ni.
mentek, mengkek = "belagu", banyak gayaContoh: Mengkek nian budak tu!
N
nak = mauContoh: Diemla! Nak keno marah guru kawu?
ngambok = pamerContoh: Dak usahlah nak ngambok kau tu! Jingok dulu na gambar aku.
ngatoke = mengatakanContoh: Walikota ngatoke kalu dio bakal gusur galo pedagang kaki lim.
ngolake = menipuContoh: Koko kau tu galak ngolake, ngomong jual ayam bangkok taunyo ayam kampung.
ngota'i = membohongiContoh: Ai, kau ni ngota'i aku dari dulu, apo kendak kawu?.
nian = benarContoh: Kau cak calak nian kek aku, yo?.
nianan = beneranContoh: Nianan pesta-pesta kito malem ni?
ngeribak'i = peduli amatContoh: Ngeribak'i kau la, kawu tu siapo?
ngikik = lucuContoh: Ngigik nian wong yang bikin kamus ni.
ngenyek = mengejekContoh: Budak tu emang galak ngenyek, kesel jugo lamo-lamo.
nyampak = jatuhContoh: Ajaib, la nyampak dari lante 30 masi pacak idup
nyenyes = cerewetContoh: Aku dak seneng dengan wong nyenyes cak dio.
ngagok'i = menanggapiContoh : Berentilah ngagok'i nyo,gek dio nangis
nemen = seringContoh: Jangan nemen nian maen tempat wong itu.Arti: Jangan terlalu sering main ke tempat orang
nganjok = terjunContoh: Jangan galak nganjok dari pagar lagi kau tu.Arti: Kamu itu jangan suka terjun dari pagar lagi.
O
"Obak" = Penjara/SelContoh: Wong galak maling bakal masuk obak.Arti: Orang yang suka mencuri akan masuk penjara.
oncak = unggulanContoh: Pakela oncak kau, tetep aku tula yang menang pasti.
oplet = angkotContoh: Kalu oplet warno merah stop di mano, yo?
P
Pacak = dapatContoh: Pacak gilo jugo aku kalo cak ini terus
Palak = kepalaContoh: Pening palak aku jingok adab dioContoh: Lamo-lamo pening palak aku liat kau niArti: lama-lama, pusing kepalaku melihat kamu ini
Panto = cumaContoh: Panto itu be dak pacak, makmano kau ni?
Pasak = pasarContoh: Pasak Plaju la canggih sekarang, nyaman men nak blanjo
Payo = ayoContoh: Ke PIM dak? payo!
Pecak = sepertiContoh: Badan pecak gorila cak tu, kalahla dio
Pecik = menembakContoh: Ae cupu ni, pecik ekar be dak pacak
Peh la = yukContoh: Maen dak? peh la
Penesan = bercandaContoh: Jangan langsung tujah2an oi, cuma penesan dio tu
Pocok = atasContoh: Dio lagi di pocok, beneri atep
Prei = liburContoh: Kapan prei?
punyo = punya
R
Rai = muka, tampangContoh: Rai kau make apo? maken cantik bae kw bik
Ringam = benciContoh: Ringam nian jadi wong tu!
Rese = habisContoh: Ai rese makanan ini
S
Sanjo = bertamuContoh: Kagek sincia sanjo ke tempat aku ye, banyak makanan la
Sangkek = keranjang, bungkusan mengandung makanan yang dibagikan waktu ultah anak kecilContoh: La dapet sangkek lum kau?
Saro = sulitContoh: Kalo cak ini saro! jadinyo cak mano? cari dulu turunannyo
Sapo = siapaContoh: Sapo bae yang ranking, dapet voucher les gratis disano
Semekuk = berwujud tak sempurnaContoh: Dak semekuk nian gambar kau, budak TK be lebih lihai
Sepur = kereta apiContoh: Ado wong dilindas sepur malem tadi
Sike = pelitContoh: Dak usah sike la, awak kayo
Sius = seriusContoh: Siusan oi? mak mano nian ceritonyo?
Sikok = satuContoh: Untuk sikok wong sikok, jangan banyakan
Singit = sembunyiContoh: Maleng tu singitan di wc rumah aku
Siru = hebohContoh: Dak usah siru! mano buktinyo?
Sedenget = sebentarContoh: Sedenget be, dak lemakkan aku kalo dak ke rumah dio
Sekewet = curangContoh: Ketauan ye kau galak maen sekewet
Sokor = "sukurin"Contoh: Sokor! makonyo latihan dulu men nak tanding tu
T
Tako'an = sombongContoh: Wong tako'an cak dio emang mesti diberantasContoh: Orang sombong kayak dia emang mesti diberantas
Tebudi = tertipuContoh: Dak tau aku ini palsu, tebudi aku oleh dio
Tedok = tidurContoh: Tedok tu jangan malem malem
Tek aguk = tak benar kerjaan (tidak dipakai terpisah)Contoh: Tek aguk nian dio, nyoret nyoret papan
Terajang = hantamContoh: Na, nyengir nyengir, terajang gek kau!
Tetak = potongContoh: Tetak palak aku kalo kau dapet cepek
Tino = betina/perempuanContoh: Budak tino itu begawe di PSContoh: Anak perempuan itu memainkan pekerjaan di PS
Tangani = selesaikan, hajar, pukulContoh: Dak usah macem macem, tangani gek kau!
Tula = itulahContoh: Tula! la ku ngomongi caronyo tu mak ini, dak cayo kau
Tujah = menusukContoh: Ne, kau. Ngapo nyingok-nyingok, kagek ku tujah
Tekak = bandelContoh: Kau ni tekak nian, wong apo bukan?Arti: Kamu ini bandel banget, orang apa bukan?
Tebok = bolongContoh: lawang ini tebok galo bekas peluruArti: Pintu ini bolong semua bekas peluru
Tekepor = terkaparContoh: Peserta gerak jalan banyak yang tekepor
Tekacip = kelamaan menunggu (seseorang/sesuatu)Contoh: Ai gawe kau ni,aku laju tekacip disiniArti: Ai kerjaan kamu ni,saya jadi kelamaan nunggu
Tegok = telanContoh: Tegok bae ubat tuArti: Telan saja obat itu
U
Ucak-ucak = main-main, tak seriusContoh: Ae SFC ni maennyo ucak ucak sekarang
Uji = kataContoh: Uji dio kalo pacak gawe ke soal ni, nak dienjok cepek ceng kito
Umep = panas / masak / mendidihContoh: Bik, banyu tuh lah umep, angkatlah
Untal = lemparContoh: Untal tu bener dikit, nyangkut ke atep gek
Ulo = ularContoh: Ampir be aku ninjek ulo di sawah
Umbel = ingusContoh: Kau ni la besak sedang umbelanArti: Kamu ini sudah akbar sedang ingusan
W
Wong = orangContoh: Wong kito galo, wong Palembang
Y
Yasi = aciContoh: Dak yasi pemilu tu, banyak maen calak dio
Perubahan vokal

Beberapa kata dalam bahasa Palembang yang sama dengan Bahasa Indonesia, hanya berubah vokal akhirnya:
Ado = benar
Apo = apa
Biaso = biasa
Biso = dapat
Dio = dia
Dimano = di mana
Disano = di sana
Iyo = iya
Jawo = Jawa
Jugo = juga
Kemano = ke mana
Kato = kata
Ketawo = tertawa
Kito = kita
Mano = mana
Ngapo = mengapa
Pulo = pula
Kemiripan dengan Kawasan Lain

Bahasa Palembang memiliki kemiripan dengan bahasa kawasan provinsi di sekitarnya, seperti Jambi dan Bengkulu. Di kedua kawasan ini, akhiran 'a' pada kosakata Bahasa Indonesia yang diubah menjadi 'o' banyak ditemukan. Akan tetapi banyak juga bahasa Palembang asli yang tak dipakai pada provinsi Jambi maupun Bengkulu. Logat yang dimiliki merekapun berlainan. Kemiripan dengan bahasa Jawa: iyo, biso, wong, ulo, rai, prei, sepur, melok, ladeng, iwak, gedek, dulur, dewe'an, bae, balek, banyu, awan, awak, iwak, balen, kelaso, kacek, jabo. Kemiripan dengan bahasa Banjar: banyu, awak, iwak, ladeng, dulur, umep (humap= gerah), enjuk (unjuk), jingok (jinguk), gancang.
Pustak

http://p2k.unkris.ac.id/id3/1-3065-2962/Bahasa-Palembang_62884_p2k-unkris.html

Tidak ada komentar:

ERFINS



ERFINS

 




HUBUNGI KAMI

 HUBUNGI KAMI DI HP / WA : 



0895 12649 818

0812 56 161720  

IN ENGLISH

IN ENGLISH
IN ENGLISH

ABOUT US / TENTANG KAMI

ABOUT US / TENTANG KAMI
ABOUT US / TENTANG KAMI

VOREZZ

VOREZZ
VOREZZ JASA PEMBUATAN WEBSITE PROFESIONAL BOGOR Jasa Pembuatan Website, Iklan & Promo Di Internet, E Mail, Google Search Engine, Google Maps, Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, Forum Jual Beli Kerjasama , News & Info, Update & Renovasi Website ,Merubah Blog Ke Web Dll

WISATAMA

WISATAMA
WISATAMA bergerak di bidang Jasa Perjalanan Wisata, Tour Travel, Event Organizer, Jasa Guide.

INDOVITA INTERIOR

INDOVITA INTERIOR
KREY KAYU PINTU KASA NYAMUK SHOWER SCREEN PENYEKAT RUANGAN PENYEKAT RUANGAN PLUS KACA ACRILIX KASA NYAMUK MAGNET KASA NYAMUK PARABOLA LIST FIBER KREY ALUMUNIUM VERTICAL BLINDS KREY KAYU / WOODDEN BLINDS ROLLER BLINDS

LOKASI

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI CLYP

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI CLYP
LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI CLYP

MY YOUTUBE1 - PLAYLIST - LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL

MY YOUTUBE 2

MY TIK ROK

MY TWITTER

MY TWITTER
https://twitter.com/erfinsyafrizal3

INSTAGRAM

INSTAGRAM
www.instagram.com/erfin_syafrizal

WA 0812 56 161720

ERFIN SONG & MUSIC MAKER

ERFIN SONG & MUSIC MAKER
ERFIN SONG & MUSIC MAKER - ESMM JASA PEMBUATAN LAGU DAN MUSIK Kami menerima pembuatan lagu dan musik. Jasa dari kami : Jasa pembuatan aransemen lagu murah, Jasa pembuatan jingle, Jasa produksi lagu, Jasa aransemen lagu , Jasa pembuatan lagu karaoke, Jasa pembuatan lagu mars, dll.

LAGU KARYA KAMI DI SOUNDCLOUD

LAGU KARYA ERFIN SYARIZAL

LAGU KARYA ERFIN SYARIZAL
https://laguerfin.blogspot.com/

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI YOUTUBE 3

AKBAR SUPER EXPRESS

AKBAR SUPER EXPRESS
AKBAR SUPER EXPRESS - ASE SAME DAY,JASA PENGIRIMAN MAKANAN SEHARI SAMPAI, ASE 1 HARI SAMPAI,PENGIRIMAN KILAT SATU HARI, PENGIRIMAN PAKET 1 HARI SAMPAI