Cari Blog Ini

SHARE THIS / BAGIKAN

Rabu, 09 Februari 2022

10 Cara Menjaga Kesehatan Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW

10 Cara Menjaga Kesehatan Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW


Fakhriyan Ardyanto

29 Mei 2020, 21:00 WIB




Perbesar

Ilustrasi mesjid dengan tulisan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Foto: Abdullah Oguk/Unsplash.com


Liputan6.com, Jakarta Cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW seharusnya sudah menjadi pedoman yang diikuti oleh umat Islam dimanapun dirinya berada. Mengingat, cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW ini tidak terbatas oleh berbagai hal, baik itu budaya yang ada di tiap daerah atau letak dari daerah itu sendiri.


BACA JUGA:Riset TikTok: 58 Persen Pengguna Berencana Menyetok Makanan Lebih Banyak Saat Ramadan



Berbagai hal yang membahas tata cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW ini, sebenarnya juga telah dijelaskan pada berbagai ayat di Al-Quran dan juga Hadist. Bahkan ada beberapa cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW tersebut yang sudah termasuk ke dalam sunnah, yang tentu akan sangat baik jika dilakukan.

Memang, Islam selalu mengajarkan dan akan membawa para pengikutnya kepada jalan yang baik dan benar. Bahkan untuk masalah gaya hidup dalam Islam juga sudah mengatur hal tersebut. mulai dari cara makan, cara tidur, dan berbagai hal lainnya. Tentu semua semata-mata demi terjaganya kesehatan dari umat Islam itu sendiri dan terhindar dari berbagai malapetaka.

Hal tersebut juga menunjukkan bahwa agama Islam memang menjadi agama yang rahmatan lil alamin dimana agama Islam membawa banyak maslahat ataau manfaat bagi manusia. Dan dengan diutusnya Nabi Muhammad SAW oleh Allah SWT, tentu sangat membantu manusia dalam mendapatkan hal yang terbaik bagi kehidupannya.

Dewasa ini, gaya hidup sehat seakan menjadi hal yang tidak terlalu diperhatikan. Bahkan hampir seluruh sumber penyakit sebenarnya berasal dari gaya hidup yang tidak sehat tersebut. Seperti penyakit stroke contohnya, yang bisa timbul karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah akibat dari menumpuknya lemak yang terlalu banyak dikonsumsi sehari-hari.

Padahal, salah satu cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW adalah dengan tidak mengonsumsi berbagai jenis makanan terlalu berlebihan. Nah, lalu bagaimana cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW yang lainnya? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW tersebut, Jumat (29/5/2020).
by Taboola
Sponsored Links

Penguat Wifi Baru Mengakhiri Internet Mahal di IndonesiaWiFi Booster




Banten: Hadiah Besar untuk orang Indonesia yang lahir antara tahun 1941-1981Survey Compare






2 dari 6 halaman

Tidak Makan Berlebihan dan Berhenti Makan Sebelum Kenyang


Perbesar

Gambar ilustrasi


1. Tidak Makan Berlebihan

Sempat disinggung di awal tadi, bahwa ada baiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Bukan tanpa alasan tentunya Nabi Muhammad SAW mengajarkan hal tersebut. Apabila makan dengan berlebihan, dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai kerugian, seperti makanan yang justru tidak habis hingga mengalami mual dan muntah karena kekenyangan.

Dari Aisyah RA, “Dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti.”



2. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Salah satu cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW adalah dengan berhenti makan sebelum kenyang. Hal ini ternyata merupakan cara yang cukup ampuh untuk menghindari dari berbagai penyakit yang bisa timbul.

Dilihat dari sisi medis, berhenti makan sebelum kenyang dapat mencegah berbagai masalah pencernaan yang bisa sangat merugikan tubuh tentunya.

Menurut hadist riwayat Bukhari Muslim dijelaskan bahwa, “Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan.” Hadits tersebut dhaif, namun maknanya benar.


Advertisement

BACA JUGA:Fidyah adalah Pengganti Puasa yang Ditinggalkan Seorang Muslim, Pahami Ketentuannya
3 dari 6 halaman

Atur Porsi Makan dan Hindari Makanan Haram


Perbesar

Atur Pola Makan Saat Sahur dan Buka Puasa / Sumber: iStockphoto


3. Atur Porsi Makan

Nabi Muhammad SAW juga memberi contoh yang baik nengenai bagaimana porsi makanan yang baik untuk dikonsumsi. Umat muslim disarankan untuk menjaga makanan yang masuk dengan mengatur porsi makanan, minuman, dan udara agar seimbang. Sebab, kondisi perut yang terlalu penuh dengan makanan dan minuman akan membuat tidak adanya ruang bernafas atau ruang udara dalam perut dan akan membuat sesak nafas.

Ada hadist yang menjelaskan mengenai hal tersebut yang berbunyi, “Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan.” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).



4. Hindari Makanan Haram

Jangan sekali-kali umat Islam mengonsumsi makanan yang haram, sebab hal tersebut dapat menimbulkan berbagai kerugian bagi tubuh. hal tersebut dijelaskan juga pada surat Al Maidah ayat 3 yang memiliki arti, “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.”

4 dari 6 halaman

Tidak Minum Khamr dan Puasa


Perbesar

ilustrasi alkohol/unsplash


5. Tidak Minum Khamr

Menganai minuman berupa khamr sudah dijelaskan pada salah satu ayat Al-Quran yaitu pada surat Al Maidah ayat 90-91 yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, yang adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaithan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaithan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran (meminum) khamr dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat, maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).”



6. Puasa

Puasa sudah tidak perlu diragukan lagi dan begitu banyak penelitian yang menjelaskan mengenai puasa tersebut. Puasa di dalam Islam sangatlah banyak macamnya, mulai dari puasa wajib pada bulan Ramadan, dan juga berbagai puasa sunnah seperti puasa daud, puasa muharam, puasa senin dan kamis, dan lain sebagainya.

Diriwayatkan pada hadist Bukhari yang berbunyi, “Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu.” Hal tersebut memberi sebuah arti jika puasa akan memberi manfaat yang baik dan sehat bagi tubuh. Puasa juga menjadi sebuah cara detoks tubuh untuk mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh, timbunan lemak, dan berbagai zat merugikan lainnya.


Advertisement

5 dari 6 halaman

Jangan Tidur Tengkurap dan Tidur Miring ke Kanan


Perbesar

Salah Posisi Tidur, Wajah Akan Terlihat Lebih Tua dari Usia Sebenarnya


7. Jangan Tidur Tengkurap

Mungkin hal ini tidak banyak disadari, padahal tidur tengkurap sangat dilarang dalm Islam karena merupakan tidurnya setan. Selain itu, dengan tidur tengkurap akan mengganggu saluran pernafasan yang akan berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, usahakan jangan tidur tengkurap.

Dari Ya’isy bin Thokhfah Al Ghifariy, dari bapaknya, beliau berkata, “Ketika itu aku sedang berbaring tengkurap di masjid karena begadang dan itu terjadi di waktu sahur. Lalu tiba-tiba ada seseorang menggerak-gerakkanku dengan kakinya. Ia pun berkata, ‘Sesungguhnya ini adalah cara berbaring yang dibenci oleh Allah.’ Kemudian aku pandang orang tersebut, ternyata ia adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Abu Daud no. 5040 dan Ibnu Majah no. 3723. Imam Nawawi dalam Riyadhus Sholihin mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).



8. Tidur Miring ke Kanan

Larangan tidur tengkurap sudah jelas pada poin sebelumnya, lalu seperti apa cara tidur yang benar? Nabi Muhammad SAW sangat menyarankan untuk tidur dalm posisi miring ke kanan karena dapat memperlancar kerja jantung dan hati. Selain itu, proses metabolisme tubuh serta detoksifikasi saat tidur akan lebih lancar saat tidur miring ke sisi kanan badan.

Seperti sabda dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berbunyi, “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR Bukhari dan Muslim).

6 dari 6 halaman

Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Tubuh


Perbesar

2. Menyapu rumah saat Imlek. Jika hal itu dilakukan, dipercaya keberuntungan Imlek di tahun itu juga ikut hilang. (Istimewa)


9. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Dengan menjaga kebersihan memang sudah tidak perlu diragukan lagi menjadi hal penting agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Apabila lingkungan sangat kotor tentu akan tinggi risikonya untuk timbul berbagai sumber penyakit seperti demam berdarah.

Hal yang membahas tentang kebersihan tersebut telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW yang mengatakan, “Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR Tirmidzi).



10. Menjaga Kebersihan Tubuh

Dari kebersihan lingkungan, lalu beranjak pada kebersihan dari tubuh. Nabi Muhammad SAW sangat menjaga kebersihan tubuhnya. Dan dengan menjaga kebersihan tubuh akan menghindarkan seseorang dari penyakit.

Berdasar Hadist riwayat Muslim dan Tirmidzi yang mengatakan, “Waktu untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan hendaknya tidak melebihi 40 hari.”

Dan akhirnya, sebagai umat muslim tentu wajib untuk mengikuti berbagai sunnah dan tuntunan salah satunya cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW tersebut, agar tidak mendapat kerugian di masa yang akan datang.


https://www.liputan6.com/ramadan/read/4265803/10-cara-menjaga-kesehatan-sesuai-tuntunan-nabi-muhammad-saw

Tidak ada komentar:

HUBUNGI KAMI

 HUBUNGI KAMI DI HP / WA : 



0895 12649 818

0812 56 161720  

PALING BANYAK DIBACA

ASMAUL HUSNA

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI YOUTUBE 3

LOKASI

INSTAGRAM

INSTAGRAM
www.instagram.com/erfin_syafrizal

INDOVITA INTERIOR

INDOVITA INTERIOR
KREY KAYU PINTU KASA NYAMUK SHOWER SCREEN PENYEKAT RUANGAN PENYEKAT RUANGAN PLUS KACA ACRILIX KASA NYAMUK MAGNET KASA NYAMUK PARABOLA LIST FIBER KREY ALUMUNIUM VERTICAL BLINDS KREY KAYU / WOODDEN BLINDS ROLLER BLINDS

ABOUT US / TENTANG KAMI

WA 0812 56 161720

VOREZZ

VOREZZ
VOREZZ JASA PEMBUATAN WEBSITE PROFESIONAL BOGOR Jasa Pembuatan Website, Iklan & Promo Di Internet, E Mail, Google Search Engine, Google Maps, Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, Forum Jual Beli Kerjasama , News & Info, Update & Renovasi Website ,Merubah Blog Ke Web Dll

IN ENGLISH

IN ENGLISH
IN ENGLISH

ERFINS

Paket Wisata WISATAMA

Paket Wisata WISATAMA
Paket Wisata WISATAMA

MY TWITTER

MY TWITTER
https://twitter.com/erfinsyafrizal3

CONTACT US / HUBUNGI KAMI

Total Tayangan Halaman

ERFIN PROPERTI - JUAL - BELI - SEWA - KERJASAMA - Hp / WA 081288785060

Entri yang Diunggulkan

KREY / TIRAI ALUMUNIUM OUT DOOR - Tirai outdoor - tahan hujan, tirai matahari, tirai garasi mobil, krey tahan air, tirai penghalang matahari, tirai teras modern, penutup panas depan ruma,

  ABOUT US / TENTANG KAMI I N D O V I T A Bogor - Jakarta - Tangerang - Bekasi - Depok  Banten - Cikarang  Hp / WA : 0812 56 161720 1. KR...

ERFINS














TAG : wisata bogor, wisata bandung, tempat wisata alam di bogor, wisata bogor yang sudah dibuka, tempat wisata di bogor yang murah, wisata terdekat, tempat wisata hari ini, wisata puncak,

BERANDA

PRODUK DAN JASA

MY YOUTUBE1 - PLAYLIST - LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL

WISATAMA

WISATAMA
WISATAMA bergerak di bidang Jasa Perjalanan Wisata, Tour Travel, Event Organizer, Jasa Guide.

LAGU KARYA ERFIN SYARIZAL

LAGU KARYA KAMI DI SOUNDCLOUD

ERFIN SONG & MUSIC MAKER

ERFIN SONG & MUSIC MAKER
ERFIN SONG & MUSIC MAKER - ESMM JASA PEMBUATAN LAGU DAN MUSIK Kami menerima pembuatan lagu dan musik. Jasa dari kami : Jasa pembuatan aransemen lagu murah, Jasa pembuatan jingle, Jasa produksi lagu, Jasa aransemen lagu , Jasa pembuatan lagu karaoke, Jasa pembuatan lagu mars, dll.

MY YOUTUBE 2

AKBAR SUPER EXPRESS

AKBAR SUPER EXPRESS
AKBAR SUPER EXPRESS - ASE SAME DAY,JASA PENGIRIMAN MAKANAN SEHARI SAMPAI, ASE 1 HARI SAMPAI,PENGIRIMAN KILAT SATU HARI, PENGIRIMAN PAKET 1 HARI SAMPAI