Cari Blog Ini

Senin, 17 Januari 2022

SIDDHARTA GAUTAMA KETURUNAN SULAIMAN DAN RATU BALQIS

SIDDHARTA GAUTAMA KETURUNAN SULAIMAN DAN RATU BALQIS

29 Oktober 2013 10:30 Diperbarui: 24 Juni 2015 05:53 41262 1 7

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona


Tulisan ini menyambung judul "Benar Negeri Saba' Berada di Indonesia" yang saya tulis beberapa bulan yang lalu. Pada tulisan sebelumnya, saya menyinggung bahwa Borobudur adalah peninggalan Ratu Balqis istri Sulaiman AS. Kemudian saya juga sempat melontarkan opini bahwa Budha berasal dari Indonesia, bukan dari China maupun India.


Nabi Sulaiman AS lahir sekitar tahun 975-935 SM, sedangkan Sidharta Gautama lahir pada tahun 623 SM. Tampak ada korelasi antara Sulaiman AS dan Ratu Balqis yang kemudian berketurunan hingga melahirkan keturunan-keturunan Nabi hingga kepada Nabi Akhir Zaman yaitu Muhammad SAW. Keturunan Nabi sulaiman AS dan Ratu Balqis yang bernama Nabi Zulkifli diduga kuat adalah Sidharta Gautama. Zulkifli adalah seorang guru yang memiliki kesabaran tingkat tinggi. Dalam bahasa Arab Zulkifli sendiri berarti “orang yg berasal dari Kifl”. Sedangkan Kifl itu sendiri, menurut Kalam Azad, merupakan nama Arab untuk Kapila (singkatan dari Kapilavastu).




Pada akhir abad ketujuh S.M. (tahun 623 S.M.), lahirlah seorang yang bernama Siddhartha Gautama di bandar Kapilavastu/Kapilavathu (Kapil, lidah Arab menyebut Kafil @ Kafli). Siddhartha Gautama merupakan putera Raja Suddhodana dan Permaisuri Maha Maya. Raja Suddhodana berasal dari keturunan suku kaum Sakyas, dari keluarga kesastrian dan memerintah Sakyas berdekatan negeri Nepal. Adapun Permaisuri Maha Maya sendiri adalah puteri Raja Anjana yang memerintah kaum Koliya di bandar Devadaha.




Dalam agama Buddha, kata Buddha bermakna ‘seorang yang bijaksana’ atau ‘dia yang mendapat petunjuk’. Istilah ini digunakan dengan makna ‘nabi’. Gautama Buddha pernah menceritakan kedatangan seorang Antim Buddha. Perkataan Antim bermaksud ‘yang terakhir’ dan Antim Buddha bermaksud ‘nabi yang terakhir’ (Antim terakhir yang dimaksudkan ialah Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul terakhir). Pada saat kematian Gautama Buddha, beliau memberitahu perkara ini kepada pengikut setianya bernama Ananda.

Makna “Nabi” dalam bahasa Arab (berasal dari kata naba yang berarti “dari tempat yang tinggi”; karena itu orang ‘yang di tempat tinggi’ dapat melihat tempat yang jauh). Nabi dalam bahasa Arab sinonim dengan kata Buddha sebagaimana yang difahami oleh para penganut Buddha. Sinonimnya pengertian ini dapat diringkaskan sebagai “Seorang yang diberi petunjuk oleh Tuhan sehingga mendapat kebijaksanaan yang tinggi menggunung”.

Pertanyaannya adalah bagaimana korelasi antara Borobudur dengan kelahiran Sidharta Gautama yang kemudian terkenal berasal dari India? Nah, itulah yang saat ini saya belum sanggup menjawabnya.

Dari sisi kemungkinan, pertama adalah bahwa Nabi Sulaiman wafat di Borobudur saat mengawasi prajuritnya yang berasal dari jin dan manusia. Kedua, setelah menikah Ratu Balqis bersama anaknya tinggal di Jawa yang kemudian berketurunan Sidharta Gautama (Zulkifli). Ketiga, Salah satu keturunan Sulaiman AS berpindah tempat ke daerah India untuk berdakwah hingga berketurunan Sidharta Gautama (Zulkifli).

Benarkah Buddha itu disebut dalam Al-Qur’an? Sebenarnya tidak ada kata-kata “Buddha” dalam Al-Qur’an, namun menurut Dr. Alexander Berzin bahawa terdapat catatan para sejarawan dan peneliti yang mengaitkan beberapa ayat Al-Qur’an dengan Sang Buddha, yaitu pada ayat;

“Demi (buah) Tin (fig) dan (buah) Zaitun, dan demi bukit Sinai, dan demi kota (Mekah) ini yang aman, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka), kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?”(At-Tin 95 : 1)

Beliau menjelaskan bahwa buah Zaitun melambangkan Jerusalem, Isa a.s. (Jesus, Kristian). Bukit Sinai melambangkan Musa a.s. dan Yahudi. Kota Mekah pula menunjukkan Islam dan Muhammad SAW. Sedangkan pohon Tin melambangkan apa?

Pohon Bodhi adalah tempat Buddha mencapai Pencerahan Sempurna. Al-Qasimi di dalam tafsirnya berpendapat bahawa sumpah Allah SWT dengan buah tin yang dimaksud adalah pohon Bodhi. Prof. Hamidullah juga berpendapat sama dengan al-Qasimi bahawa perumpamaan pohon (buah) tin (fig) di dalam Al-Qur’an ini menunjukkan Buddha itu sendiri, maka dari sinilah mengapa sebagian ilmuan Islam meyakini bahawa Buddha telah diakui sebagai nabi di dalam agama Islam.

Sedangkan Hamid Abdul Qadir, seorang sejarawan abad ke-20 mengatakan dalam bukunya Buddha Yang Agung: Riwayat dan Ajarannya (Arab: Budha al-Akbar Hayatuh wa Falsaftuh), menjelaskan bahawa Buddha adalah nabi Dhul-Kifl, yang bererti “ia yang berasal dari Kifl”. Nabi Dhul-Kifl @ Zulkifli disebutkan 2 kali dalam Al-Qur’an:


“Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli (Dhul Kifl). Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar.” (Al-Anbiya’ 21: 85).

“Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa, dan Dzulkifli (Dhul Kifl). Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik.” (Shad 38 : 48).

Belum dapat dipastikan bahwa Zulkifli itu Buddha, dan belum bisa dipastikan pula bahwa Siddharta Gautama itu merupakan keturunan dari Sulaiman AS dan Ratu Balqis. Ini adalah ilmu otak atik gathuk yang kemungkinan besar memang salah dan ada sedikit kemungkinan kebenarannya. Hanya Allah SWT Yang Maha Mengetahui.


https://www.kompasiana.com/www.ptg-kdr.com/552cb3766ea8349c588b4577/siddharta-gautama-keturunan-sulaiman-dan-ratu-balqis?page=all#section1


Tidak ada komentar:

ERFINS



ERFINS

 




HUBUNGI KAMI

 HUBUNGI KAMI DI HP / WA : 



0895 12649 818

0812 56 161720  

IN ENGLISH

IN ENGLISH
IN ENGLISH

ABOUT US / TENTANG KAMI

ABOUT US / TENTANG KAMI
ABOUT US / TENTANG KAMI

VOREZZ

VOREZZ
VOREZZ JASA PEMBUATAN WEBSITE PROFESIONAL BOGOR Jasa Pembuatan Website, Iklan & Promo Di Internet, E Mail, Google Search Engine, Google Maps, Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, Forum Jual Beli Kerjasama , News & Info, Update & Renovasi Website ,Merubah Blog Ke Web Dll

WISATAMA

WISATAMA
WISATAMA bergerak di bidang Jasa Perjalanan Wisata, Tour Travel, Event Organizer, Jasa Guide.

INDOVITA INTERIOR

INDOVITA INTERIOR
KREY KAYU PINTU KASA NYAMUK SHOWER SCREEN PENYEKAT RUANGAN PENYEKAT RUANGAN PLUS KACA ACRILIX KASA NYAMUK MAGNET KASA NYAMUK PARABOLA LIST FIBER KREY ALUMUNIUM VERTICAL BLINDS KREY KAYU / WOODDEN BLINDS ROLLER BLINDS

LOKASI

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI CLYP

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI CLYP
LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI CLYP

MY YOUTUBE1 - PLAYLIST - LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL

MY YOUTUBE 2

MY TIK ROK

MY TWITTER

MY TWITTER
https://twitter.com/erfinsyafrizal3

INSTAGRAM

INSTAGRAM
www.instagram.com/erfin_syafrizal

WA 0812 56 161720

ERFIN SONG & MUSIC MAKER

ERFIN SONG & MUSIC MAKER
ERFIN SONG & MUSIC MAKER - ESMM JASA PEMBUATAN LAGU DAN MUSIK Kami menerima pembuatan lagu dan musik. Jasa dari kami : Jasa pembuatan aransemen lagu murah, Jasa pembuatan jingle, Jasa produksi lagu, Jasa aransemen lagu , Jasa pembuatan lagu karaoke, Jasa pembuatan lagu mars, dll.

LAGU KARYA KAMI DI SOUNDCLOUD

LAGU KARYA ERFIN SYARIZAL

LAGU KARYA ERFIN SYARIZAL
https://laguerfin.blogspot.com/

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI YOUTUBE 3

AKBAR SUPER EXPRESS

AKBAR SUPER EXPRESS
AKBAR SUPER EXPRESS - ASE SAME DAY,JASA PENGIRIMAN MAKANAN SEHARI SAMPAI, ASE 1 HARI SAMPAI,PENGIRIMAN KILAT SATU HARI, PENGIRIMAN PAKET 1 HARI SAMPAI