Cari Blog Ini

SHARE THIS / BAGIKAN

Jumat, 14 Januari 2022

Diabetes

Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli




Pengertian Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Ada dua jenis utama diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.


Diabetes disebabkan karena adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Pada diabetes tipe 1, gangguan ini disebabkan sistem kekebalan tubuh yang biasanya menyerang virus atau bakteri berbahaya lainnya, malah menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin. Akibatnya, tubuh kekurangan atau bahkan tidak dapat memproduksi insulin sehingga gula yang seharusnya diubah menjadi energi oleh insulin menyebabkan terjadinya penumpukan gula dalam darah.

Sedangkan pada diabetes tipe 2, tubuh bisa menghasilkan insulin secara normal, tetapi insulin tidak digunakan secara normal. Kondisi ini dikenal juga sebagai resistensi insulin.


Faktor Risiko Diabetes

Faktor risiko diabetes tipe 1, antara lain:
Faktor riwayat keluarga atau keturunan, yaitu ketika seseorang akan lebih memiliki risiko terkena diabetes tipe 1 jika ada anggota keluarga yang mengidap penyakit yang sama, karena berhubungan dengan gen tertentu.
Faktor geografi, orang yang tinggal di daerah yang jauh dari garis khatulistiwa, seperti di Finlandia dan Sardinia, berisiko terkena diabetes tipe 1. Hal ini disebabkan karena kurangnya vitamin D yang bisa didapatkan dari sinar matahari, sehingga akhirnya memicu penyakit autoimun.
Faktor usia. Penyakit ini paling banyak terdeteksi pada anak-anak usia 4–7 tahun, kemudian pada anak-anak usia 10–14 tahun.
Faktor pemicu lainnya, seperti mengonsumsi susu sapi pada usia terlalu dini, air yang mengandung natrium nitrat, sereal dan gluten sebelum usia 4 bulan atau setelah 7 bulan, memiliki ibu dengan riwayat preeklampsia, serta menderita penyakit kuning saat lahir.

Faktor risiko diabetes tipe 2, antara lain:

Berat badan berlebih atau obesitas.
Distribusi lemak perut yang tinggi.
Gaya hidup tidak aktif dan jarang beraktivitas atau berolahraga.
Riwayat penyakit diabetes tipe 2 dalam keluarga.
Ras kulit hitam, hispanik, Native American, dan Asia-Amerika, memiliki angka pengidap lebih tinggi dibandingkan dengan ras kulit putih.
Usia di atas 45 tahun, walaupun tidak menutup kemungkinan dapat terjadi sebelum usia 45 tahun.
Kondisi prediabetes, yaitu ketika kadar gula darah lebih tinggi dari normal, tapi tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes.
Riwayat diabetes saat hamil.
Wanita dengan sindrom ovarium polikistik, yang ditandai dengan menstruasi tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebihan, dan obesitas.
Gejala Diabetes

Nyatanya, gejala diabetes akan dialami berbeda-beda oleh tiap pengidapnya. Namun, secara umum ada beberapa gejala yang akan dialami oleh pengidap diabetes tipe 1 maupun tipe 2, seperti peningkatan rasa haus, peningkatan frekuensi buang air kecil, kelelahan terus menerus, gangguan penglihatan, dan terjadinya infeksi terus menerus. Infeksi yang terjadi umumnya terjadi pada bagian gusi maupun kulit. Sedangkan pada wanita, waspada infeksi bagian bagian vagina yang bisa menjadi tanda penyakit diabetes.
Diagnosis Diabetes

Dokter akan mendiagnosis diabetes pada seseorang dengan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan darah dan urine.



Pengobatan akan disesuaikan dengan jenis diabetes yang kamu alami. Terapi insulin menjadi salah satu pengobatan yang bisa dilakukan oleh pengidap diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Bahkan, pada diabetes tipe 1 yang cukup berat, tranplantasi pankreas bisa dilakukan guna mengatasi kerusakan pada pankreas. Sedangkan, pengidap diabetes tipe 2 akan diberikan beberapa jenis obat-obatan untuk menangani diabetes tipe 2.

Namun, umumnya ada beberapa perawatan yang harus dilakukan untuk menurunkan risiko diabetes, seperti:

1. Melakukan Pola Makan Sehat

Jika kamu mengalami penyakit diabetes, sebaiknya atur kembali pola makan yang sehat. Fokuskan pada pengonsumsian buah, sayur, protein tanpa lemak, dan juga biji-bijian. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengonsumsi serat dan mengurangi beberapa jenis makanan, seperti makanan yang mengandung lemak jenuh, karbohidrat olahan, hingga pemanis buatan. Kamu bisa tanyakan langsung pada dokter melalui Halodoc untuk pola makan tepat bagi pengidap diabetes.

2.Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Setiap orang tentunya membutuhkan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan tetap optimal. Termasuk pengidap diabetes. Olahraga menjadi satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah dengan mengubahnya menjadi energi. Kamu bisa memilih untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Jadikan kegiatan tersebut sebagai rutinitas harian untuk membantu kamu menghindari kondisi diabetes menjadi lebih buruk.
Pencegahan Diabetes

Lakukan beberapa gaya hidup sehat ini untuk mencegah penyakit diabetes:
Mempertahankan berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan rendah lemak.
Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur.
Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis.
Berolahraga secara rutin dan banyak melakukan aktivitas fisik.
Mengurangi waktu duduk diam terlalu lama, seperti ketika menonton televisi.
Menghindari atau berhenti merokok.


Baik diabetes tipe 1 maupun 2 dapat menyebabkan komplikasi berupa kerusakan retina mata, kerusakan saraf, penyakit stroke dan jantung koroner, kerusakan ginjal, disfungsi seksual, keguguran, atau bayi lahir mati dari ibu yang mengidap diabetes.
Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter untuk mendapatkan solusi terbaik jika mengalami gejala-gejala di atas.


https://www.halodoc.com/kesehatan/diabetes


====================


Makanan untuk Penderita Diabetes yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi




Ada beberapa jenis makanan untuk penderita diabetes yang baik dan buruk untuk dikonsumsi. Hal ini penting untuk diketahui guna menjaga kadar gula dalam darah tetap normal dan stabil. Oleh karena itu, penderita diabetes dianjurkan untuk lebih cermat dalam mengonsumsi makanan.

Menjaga pola makan merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap penderita diabetes. Hal ini karena peningkatan kadar gula darah pada penderita penyakit ini dapat berisiko menimbulkan masalah kesehatan, seperti kelelahan, kerusakan saraf, rentan terkena infeksi dan luka, bahkan kehilangan kesadaran atau koma.



Makanan untuk Penderita Diabetes yang Dianjurkan

Selain dengan obat-obatan, diabetes juga perlu ditangani dengan mengikuti pola makan khusus yang disebut terapi nutrisi medis. Melalui terapi ini, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Berikut ini adalah beberapa contoh pilihan makanan yang baik untuk penderita diabetes:

Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks pengganti nasi putih, seperti nasi merah, ubi panggang, oatmeal, roti gandum,dan sereal dari biji-bijian utuh
Daging tanpa lemak atau ayam tanpa kulit
Sayuran, seperti brokoli dan bayam, serta diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau dikonsumsi mentah
Buah-buahan segar dan bila ingin mengolahnya menjadi jus, sebaiknya jangan ditambah gula
Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup, atau ditumis
Telur
roduk olahan susu rendah lemak, seperti yoghurt
Berbagai jenis ikan, seperti tuna, salmon, sarden dan makarel, tetapi hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi,misalnya ikan tongkol
Makanan untuk Penderita Diabetes yang Harus Dihindari

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, belum puas rasanya jika menu hidangan tidak dilengkapi dengan nasi putih. Padahal, bagi penderita diabetes, makanan pokok ini sebaiknya dihindari karena mengandung kadar gula yang tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya.

Selain nasi putih, ada beberapa jenis makanan lain yang harus dihindari agar kadar gula darah tetap terjaga, di antaranya:

Roti tawar putih
Makanan yang terbuat dari tepung terigu
Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, mentega, dan saus dalam jumlah banyak
Buah-buahan kaleng yang mengandung banyak gula
Sayuran kaleng yang mengandung garam tinggi
Daging berlemak dan kulit ayam
Produk susu tinggi lemak
Makanan yang digoreng, seperti ayam goreng, ikan goreng, pisang goreng, dan kentang goreng
Makanan dan minuman mengandung gula tinggi, seperti kue, sirop, dan soda

Jika Anda menderita diabetes, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan buatan sendiri. Dengan demikian, Anda bisa memantau bahan baku dan bahan tambahan apa saja yang akan digunakan.

Selain cermat dalam memilih makanan yang dikonsumsi, Anda juga disarankan untuk rutin mengecek kadar gula darah setidaknya 3 bulan sekali dan menerapkan pola hidup sehat.

Dengan pola makan sehat, olahraga, dan pengobatan yang tepat, kadar gula darah dapat lebih mudah terkontrol sehingga risiko terkena komplikasi penyakit diabetes pun akan menjadi lebih rendah.

Penderita diabetes perlu lebih hati-hati saat memilih dan mengonsumsi makanan. Jika membutuhkan saran mengenai menu atau porsi makanan untuk penderita diabetes, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.
Terakhir diperbarui: 20 Mei 2021
Ditinjau oleh: dr. Sienny Agustin


https://www.alodokter.com/deretan-makanan-untuk-penderita-diabetes-yang-baik-dan-buruk


================


Bukan Cuma yang Manis, Kenali Makanan yang Meningkatkan Gula Darah



Banyak orang menganggap bahwa makanan yang dapat meningkatkan gula darah hanyalah makanan yang manis. Padahal, tidak sebatas itu. Ada beragam jenis makanan lain yang juga bisa menyebabkan gula darahmu melonjak tinggi.

Gula darah berasal dari makanan yang kita konsumsi dan berperan sebagai sumber energi untuk tubuh. Namun, jika kadar gula darah terlalu tinggi, hal ini jadi justru bisa berbahaya, terutama jika kamu atau anggota keluargamu memiliki penyakit diabetes tipe 2.



Jika kadar gula darah tidak dikontrol dengan baik, dapat terjadi gangguan pada mata, ginjal, jantung, dan pembuluh darah di seluruh tubuhmu. Oleh karena itu, penting untuk membatasi kadar gula darah melalui makanan yang Anda konsumsi.
Beberapa Jenis Makanan yang Meningkatkan Gula Darah

Gula darah paling banyak dihasilkan dari makanan yang tinggi gula dan karbohidrat. Gula dalam makanan bisa diserap langsung oleh usus dan menjadi gula darah. Sementara itu, karbohidrat akan dipecah terlebih dahulu hingga menjadi bentuk yang lebih sederhana, yaitu gula, sebelum diserap usus ke dalam darah.

Di bawah ini adalah beberapa makanan dan minuman yang mungkin tidak kamu sangka dapat meningkatkan kadar gula darah:

1. Nasi putih

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi nasi putih secara berlebihan cenderung lebih berisiko mengalami diabetes tipe 2. Hal ini karena nasi putih termasuk jenis makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat sehingga bisa diubah dengan cepat menjadi gula dan diserap ke dalam darah.

Guna mencegah risiko tersebut, kamu dianjurkan untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih tinggi serat.

2. Roti putih

Tingginya karbohidrat dalam roti putih juga membuat makanan ini lebih cepat diolah tubuh sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah. Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi roti gandum utuh yang mengandung lebih banyak serat.

3. Minuman berenergi

Minuman berenergi biasanya mengandung natrium dan kalium yang membantu memulihkan cairan dan elektrolit saat kamu dehidrasi. Namun, perlu diingat bahwa minuman ini biasanya tinggi gula sehingga perlu dibatasi. Untuk mencegah dehidrasi setelah berolahraga, air mineral atau air kelapa murni sudah cukup, kok.

4. Makanan siap saji

Makanan siap saji memang mendatangkan kenikmatan yang berbeda. Namun, di balik itu, terdapat kandungan lemak, gula dan karbohidrat yang mampu menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh setelah dimakan.

Jika sering dikonsumsi, makanan siap saji dapat menyebabkan peningkatkan berat badan dan meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2.
5. Daging merah dan daging olahan

Mengonsumsi daging memang tidak meningkatkan gula darah secara langsung. Namun, daging merah dan daging olahan cenderung banyak mengandung lemak jenuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang setiap hari makan daging olahan berisiko mengalami diabetes tipe 2 hingga dua kali lipat.

Untuk mencegah kenaikan gula yang tinggi, sembari tetap mencukupi kebutuhan proteinmu, kamu bisa mengonsumsi dada ayam tanpa kulit.

Itulah beberapa makanan yang bisa meningkatkan gula darahmu. Jika kamu termasuk yang tidak terbiasa melewati hari tanpa salah satu makanan tersebut, jangan kecewa dulu. Makanan-makanan tersebut bukannya tidak boleh dikonsumsi sama sekali, tetapi hanya perlu dibatasi.
Pola Makan Gizi Seimbang yang Perlu Kamu Perhatikan

Selain membatasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan gula darah, kamu juga perlu menerapkan pola makan bergizi seimbang dalam menu makanmu sehari-hari.

Pastikan untuk selalu mengimbangi konsumsi gula dan karbohidrat dengan nutrisi lain, seperti protein, serat, dan lemak sehat. Cara ini dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mengurangi peningkatan kadar gula darah.

Selain itu, hindari pula memakan makanan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi, meskipun rasanya tidak manis. Banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori akan membuat tubuhmu menyimpan cadangan kalori dalam bentuk lemak.

Jika tumpukan lemak sudah berlebihan, tubuh akan rentan mengalami resistensi insulin. Pada kondisi ini, kemampuan tubuh untuk menyerap gula darah akan menurun, sehingga kadar gula darah akan meningkat.

Selain dengan menjaga pola makan sehat, kamu juga bisa melakukan olahraga untuk menstabilkan kadar gula darah. Olahraga yang disarankan meliputi jalan cepat, bersepeda, senam aerobik, dan berenang.

Bila kamu memiliki diabetes, sangat dianjurkan untuk rutin kontrol ke dokter dan menjalani pengobatan yang dianjurkan oleh dokter. Jika kamu bingung menentukan pilihan makanan yang tepat untuk menjaga kadar gula darahmu, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter gizi.

Terakhir diperbarui: 19 November 2020
Ditinjau oleh: dr. Meva Nareza

https://www.alodokter.com/bukan-cuma-yang-manis-kenali-makanan-yang-meningkatkan-gula-darah


=========


Diabetes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Diabetes (dari bahasa Yunani Kuno: δῐᾰβήτης, diabḗtēs) merupakan suatu kelompok penyakit yang pada umumnya memiliki suatu kesamaan gejala, yaitu buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan.

Dalam penggunaan sehari-hari, istilah "diabetes" umumnya sinonim dengan penyakit "diabetes melitus".

Diabetes dapat mengacu pada beberapa hal berikut:Penyakit diabetes[sunting | sunting sumber]
Diabetes insipidus[sunting | sunting sumber]
Diabetes insipidus (DI), yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan rasa haus yang berlebihan dan ekskresi urine yang sangat encer dalam jumlah banyak (dan tidak terkait dengan kadar gula darah yang tinggi seperti pada diabetes melitus)
Diabetes insipidus nefrogenik, yaitu diabetes insipidus yang disebabkan oleh gangguan pada ginjal berupa cacat genetik pada kemampuan ginjal untuk memekatkan urine.
Diabetes insipidus neurogenik, yaitu diabetes insipidus yang disebabkan oleh kurangnya produksi vasopresin (ADH) di hipotalamus otak.
Diabetes melitus[sunting | sunting sumber]

Diabetes melitus atau hanya "diabetes" merupakan suatu kelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan seseorang yang memiliki kadar glukosa darah yang tinggi dalam jangka waktu lama.
Jenis penyakit diabetes melitus[sunting | sunting sumber]

Jenis umum[sunting | sunting sumber]

Diabetes melitus tipe 1, yaitu diabetes melitus yang disebabkan oleh reaksi autoimun tubuh yang menghancurkan sel beta pankreas yang memproduksi insulin, sehingga tubuh sama sekali tidak bisa menghasilkan insulin.
Diabetes melitus tipe 2, yaitu diabetes melitus yang disebabkan oleh gangguan metabolisme yang ditandai dengan glukosa darah yang tinggi karena tubuh yang menolak atau resisten terhadap insulin atau tubuh tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup.
Diabetes melitus gestasional, yaitu suatu kondisi pada wanita yang tidak didiagnosis mengidap diabetes sebelumnya, tetapi kemudian menunjukkan kadar glukosa darah yang tinggi selama kehamilan. Lihat juga: Diabetes melitus dan kehamilan.


Jenis langka[sunting | sunting sumber]

Diabetes melitus dan gangguan pendengaran, yaitu penyakit pada mitokondria yang terkait dengan gen "Leu-UUR"
Diabetes autoimun laten (Latent autoimmune diabetes, LADA), yaitu istilah yang menggambarkan penyakit diabetes tipe 1 pada orang dewasa dengan reaksi kerusakan autoimun yang lebih lambat, sehingga memunculkan gejala penolakan insulin seperti diabetes tipe 2.
Diabetes lipoatrofik, yaitu diabetes melitus dengan komplikasi berupa lipodistrofi yang berat.
MODY (Maturity onset diabetes of the young), yaitu salah satu dari beberapa bentuk diabetes herediter yang disebabkan oleh mutasi pada gen dominan autosomal yang mengganggu produksi insulin
Diabetes melitus neonatus, yaitu suatu bentuk diabetes yang dialami oleh bayi pada 6 bulan pertama setelah kelahiran.
Diabetes melitus neonatus permanen
Diabetes melitus neonatus sementara
Pradiabetes, yaitu keadaan pada seseorang yang mengalami beberapa tetapi tidak semua gejala diabetes.
Diabetes akibat steroid, yaitu penyakit gula darah tinggi yang berkepanjangan karena terapi glukokortikoid untuk kelainan medis lainnya.


Koma diabetik, yaitu suatu bentuk koma reversibel dan keadaan darurat medis yang ditemukan pada pasien penderita diabetes melitus.
Ketoasidosis diabetik, yaitu komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa pasien penderita diabetes melitus.

Kaki diabetik, yaitu istilah yang mengacu pada beberapa kelainan pada kaki yang terkait dengan diabetes melitus.
Nefropati diabetik, yaitu kerusakan ginjal dan perkembangan penyakit proteinuria dan ginjal kronis
Neuropati diabetik, yaitu gangguan yang berhubungan dengan diabetes melitus.
Retinopati diabetik, yaitu kerusakan pada retina mata yang disebabkan oleh komplikasi diabetes melitus, yang pada akhirnya dapat menyebabkan nefropati diabetik.

Tidak ada komentar:

HUBUNGI KAMI

 HUBUNGI KAMI DI HP / WA : 



0895 12649 818

0812 56 161720  

TERBARU

PALING BANYAK DIBACA

ASMAUL HUSNA

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI YOUTUBE 3

LOKASI

INSTAGRAM

INSTAGRAM
www.instagram.com/erfin_syafrizal

INDOVITA INTERIOR

INDOVITA INTERIOR
KREY KAYU PINTU KASA NYAMUK SHOWER SCREEN PENYEKAT RUANGAN PENYEKAT RUANGAN PLUS KACA ACRILIX KASA NYAMUK MAGNET KASA NYAMUK PARABOLA LIST FIBER KREY ALUMUNIUM VERTICAL BLINDS KREY KAYU / WOODDEN BLINDS ROLLER BLINDS

ABOUT US / TENTANG KAMI

WA 0812 56 161720

VOREZZ

VOREZZ
VOREZZ JASA PEMBUATAN WEBSITE PROFESIONAL BOGOR Jasa Pembuatan Website, Iklan & Promo Di Internet, E Mail, Google Search Engine, Google Maps, Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, Forum Jual Beli Kerjasama , News & Info, Update & Renovasi Website ,Merubah Blog Ke Web Dll

IN ENGLISH

IN ENGLISH
IN ENGLISH

ERFINS

Paket Wisata WISATAMA

Paket Wisata WISATAMA
Paket Wisata WISATAMA

MY TWITTER

MY TWITTER
https://twitter.com/erfinsyafrizal3

CONTACT US / HUBUNGI KAMI

Total Tayangan Halaman

ERFIN PROPERTI - JUAL - BELI - SEWA - KERJASAMA - Hp / WA 081288785060

Entri yang Diunggulkan

KREY / TIRAI ALUMUNIUM OUT DOOR - Tirai outdoor - tahan hujan, tirai matahari, tirai garasi mobil, krey tahan air, tirai penghalang matahari, tirai teras modern, penutup panas depan ruma,

  ABOUT US / TENTANG KAMI I N D O V I T A Bogor - Jakarta - Tangerang - Bekasi - Depok  Banten - Cikarang  Hp / WA : 0812 56 161720 1. KR...

ERFINS














TAG : wisata bogor, wisata bandung, tempat wisata alam di bogor, wisata bogor yang sudah dibuka, tempat wisata di bogor yang murah, wisata terdekat, tempat wisata hari ini, wisata puncak,

BERANDA

PRODUK DAN JASA

MY YOUTUBE1 - PLAYLIST - LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL

WISATAMA

WISATAMA
WISATAMA bergerak di bidang Jasa Perjalanan Wisata, Tour Travel, Event Organizer, Jasa Guide.

LAGU KARYA ERFIN SYARIZAL

LAGU KARYA KAMI DI SOUNDCLOUD

ERFIN SONG & MUSIC MAKER

ERFIN SONG & MUSIC MAKER
ERFIN SONG & MUSIC MAKER - ESMM JASA PEMBUATAN LAGU DAN MUSIK Kami menerima pembuatan lagu dan musik. Jasa dari kami : Jasa pembuatan aransemen lagu murah, Jasa pembuatan jingle, Jasa produksi lagu, Jasa aransemen lagu , Jasa pembuatan lagu karaoke, Jasa pembuatan lagu mars, dll.

MY YOUTUBE 2

AKBAR SUPER EXPRESS

AKBAR SUPER EXPRESS
AKBAR SUPER EXPRESS - ASE SAME DAY,JASA PENGIRIMAN MAKANAN SEHARI SAMPAI, ASE 1 HARI SAMPAI,PENGIRIMAN KILAT SATU HARI, PENGIRIMAN PAKET 1 HARI SAMPAI