Cari Blog Ini

Kamis, 04 Maret 2021

MANFAAT MADU DAN CUKA APEL UNTUK KESEHATAN DAN PENGOBATAN


Manfaat Madu[sunting | sunting sumber]

Sepanjang sejarah, madu sudah digunakan manusia untuk mengobati berbagai jenis penyakit, namun baru beberapa periode ini antiseptik dan antibakteri yang berasal dari madu bisa dijelaskan secara ilmiah. Madu memiliki kandungan air yang rendah (larutan lewat jenuh), sehingga air yang berada di dalam sel mikroorganisme yang masuk ke madu akan keluar (efek osmotik) mengakibatkan selnya mengerut dan mati.
Efek Osmotik[sunting | sunting sumber]

Madu memiliki efek osmotik.[20] Pada dasarnya madu merupakan campuran dari monosakarida dengan aktivitas air yang rendah, kebanyakan molekul air selalu berhubungan dengan gula dan juga mikroorganisme. Hal ini membuat madu menjadi media yang tidak bagus untuk mikroorganisme berkembang biak.
Hidrogen Peroksida[sunting | sunting sumber]

Hidrogen Peroksida terbentuk dari pelepasan yang lambat oleh enzim glukosa oksida yang ada di madu. Hal ini terjadi jika madu dicairkan, di mana oksigen dibutuhkan untuk reaksi ini, aktif hanya jika keasaman madu dinetralisasi oleh cairan tubuh, dapat dihancurkan oleh adanya enzim pencerna protein, dan akan hancur jika madu terpapar panas atau sinar.[21]

Madu juga dapat menonaktifkan logam bebas, yang tidak akan mengkatalisis pembentukan radikal oksigen bebas dari hidrogen peroksida, yang menyebabkan peradangan. Juga, unsur antioksidan dalam madu membantu membersihkan radikal bebas oksigen yang ada..[22]C6H12O6 + H2O + O2C6H12O7 + H2O2 (reaksi oksidasi glukosa)

Pada saat madu digunakan (seperti dioleskan pada luka) hidrogen peroksida dihasilkan saat madu mencair terkena cairan tubuh. Sebagai hasilnya, hidrogen peroksida dilepaskan perlahan lahan dan menjadi antiseptik.
Pengobatan penderita diabetes[sunting | sunting sumber]

Madu juga sudah terbukti bisa digunakan untuk pengobatan luka pada penderita diabetes yang di mana pasien tidak diperkenankan menggunakan antibiotik.[23]
Keasaman[sunting | sunting sumber]

Keasaman (pH) madu berkisar dari 3,2 sampai 4,5.[24] Kondisi asam ini dapat mencegah tumbuhnya bakteri.
Metilglioksal[sunting | sunting sumber]

Aktivitas antibiotik nonperoksida disebapkan oleh metilglioksal (MGO) dan komponen sinergi yang tidak dikenali. Kebanyakan madu mengandung MGO yang sangat rendah, namun madu manuka mengandung MGO yang sangat tinggi. Tingkat sinergi dalam madu manuka dua kali lipat lebih dari aktivitas antibakteri MGO.[21]
Efek nutraseutikal[sunting | sunting sumber]

Antioksidan dalam madu pernah diujikan pada tikus dan mampu mengurangi kerusakan yang terjadi di usus besar.[25] Hal ini sesuai dengan pengobatan tradisional.[26]
Meredakan sakit tenggorokan dan batuk[sunting | sunting sumber]

Madu juga sudah digunakan berabad-abad untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk.[27]
Aplikasi medis lainnya[sunting | sunting sumber]

Beberapa studi menunjukkan penggunaan madu dapat mengurangi bau badan, bengkak, dan mengobati luka.[24] Madu telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk konjungtivitis pada tikus.[28]

Madu dipasteurisasi secara luas diyakini dapat mengurangi alergi, meskipun tidak secara komersial disaring atau madu mentah terbukti lebih efektif dibandingkan plasebo dalam studi terkontrol dari 36 peserta dengan alergi pada mata.[29]
Penelitian Berbasis Metabolomik pada Madu[sunting | sunting sumber]

Penelitian terhadap madu penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari madu yang dihasilkan.

Beberapa metode berbasis metabolomik yang telah dilakukan pada madu ataupun lebah antara lain adalah penentuan senyawa marker dari madu yang menandakan sumber geografisnya[30]. Sumber geografis akan memengaruhi kualitas madu sehingga penentuan marker ini dapat memberikan pandangan terkait kualitas madunya. Selain itu penelitian berbasis metabolomik pada lebah juga dapat digunakan untuk mengklasifikasikan spesies lebah yang juga merupakan faktor penentu jenis madu yang dihasilkan[31].

Selain kajian metabolomik pada lebah, penelitian juga dilakukan pada tanaman penghasil nektar yang biasanya digunakan oleh lebah untuk memproduksi madu[32]. Penelitian pada mikroflora pada usus lebah juga dapat memberikan pandangan pada kualitas madu yang dapat dihasilkan[33].

Selain kajian-kajian metabolomik yang telah diuraikan di atas, dapat dilakukan pula kajian metabolomik pada jalur metabolisme lebah yang menghasilkan madu. Kajian metabolomik juga dapat dilakukan pada pohon yang ditempati oleh sarang lebah, sebab bisa jadi ada hubungan antara pohon tertentu dengan keberadaan sarang lebah.

https://id.wikipedia.org/wiki/Madu


---------


NUTRISI : MADU


Rasulullah SAW bersabda, ”Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an. (lihat Sunan Ibnu Majah, j.II, hal.1142, hadist No.3452, Bab Madu)






KEAJAIBAN MADU
MADU : PH BEE POLLEN
MADU : RJH BEE POLLEN
MADU : RJ GINSENG BEE POLLEN



KEAJAIBAN MADU : HONEY IS THE MAGIC DRINK

Madu dikenal sebagai "The Food Of God", yaitu makanan atau minuman anugerah pemberian dari Tuhan karena khasiatnya yang luar biasa.


Kita tahu, madu berasal dari nektar (cairan dalam bunga yang pada umumnya rasanya manis) yang dihimpun oleh lebah pekerja. Lebah menyimpan madu dalam sarang sebagai makanan.


Dalam sejarah manusia, madu merupakan pemanis alami yang pertama dikenal sebelum manusia mengenal ada pemanis lain seperti gula dll. Walau berbagai manfaatnya belum diketahui seperti saat ini, sejak dahulu madu sudah digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia termasuk sebagai obat berbagai penyakit, (sebagai "Folk Remedies")


Sejarah penggunaan madu demikian panjangnya, baik pada masa peradaban Mesir kuno (masa Fir'aun), sampai milenium ketiga ini. Di masa Mesir kuno, madu telah digunakan sebagai obat berbagai penyakit, bahkan menjadi salah satu bahan pengawet mumi. Konon, tokoh semacam Julius Caesar dan Aristoteles juga sangat menyukai madu sebagai minuman utama penjaga daya tahan tubuhnya.


Hampir di setiap kitab suci disebutkan manfaat madu, seperti pada AI-Qur'an (QS. An-Nahl 68-69) :


"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bemacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkannya",


Sayyidah Aisyah (istri nabi Muhammad Saw.) berkata, “Minuman yang paling disukai Rasulullah SAW. adalah madu”.


Imam Adz-Dzahabi berkata, "Setiap hari sebelum sarapan, Rasulullah SAW. selalu minum madu dicampur dengan segelas. air" .


Kini, sudah banyak penelitian yang menguatkan akan kebenaran banyaknya rnanfaat madu bagi kesehatan, bahkan “The Australian Therapeutic Goods Administration", (semacam Badan Pengawasan Obat dan Makanan di Indonesia /BPOM) telah menetapkan madu sebagai salah satu jenis obat.





Selain itu, madu mengandung pula aneka mineral penting seperti, kalsium, magnesium, natrium, tembaga, mangan, besi, kalium dan fosfor. Di dalam madu juga terdapat berbagai vitamin, seperti Vitamin B1, B2, K dan C serta beberapa enzim yang baik untuk melancarkan pencernaan.


BERBAGAI KHASIAT MADU
Madu mengandung sejumlah unsur organik dan non organik, baik yang sudah diketahui maupun yang belum diketahui. Saya yakin masih banyak unsur-unsur yang belum tersingkap yang memiliki fungsi atau manfaat yang sangat penting bagi tubuh manusia, sebagai contoh :


MADU IS THE BEST TONIC (TONIK TERBAlK)
Sebuah riset yang dilakukan di Memphis University, Amerika Serikat, ditemukan bahwa konsumsi madu setelah melakukan latihan olahraga bisa membantu tubuh memulihkan stamina dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.


Pada penelitian tersebut, dibagi tiga kelompok dari 39 orang pria dan wanita yang diberi latihan beban berat yang sama. Setelah latihan kelompok pertama diberi suplemen protein dicampur gula-malto-dekstrin. Kelompok kedua mengkonsumsi dengan campuran karbohidrat kompleks. Lalu, kelompok ketiga diberi campuran madu.


Ternyata, dari hasil penelitian tersebut, hanya kelompok yang mendapat kombinasi protein-madu yang menunjukkan kadar gula darah optimal dalam 2 jam setelah latihan. Pada anqqota kelompok ini juga menunjukkan kepemilikan kadar hormon yang lebih membantu dalam pemulihan otot.


MADU SI PENAMBAH NAF5U MAKAN
Manfaat madu buat anak sangatlah luar biasa. Pemberian madu setiap hari pada anak secara teratur dapat menurunkan tingkat morbiditas (panas dan pilek) dan meningkatkan nafsu makan pada anak balita.


Berdasarkan penelitian di International Holistic Tourist Hospital terhadap anak-anak yang rentan daya tahan tubuhnya dengan nafsu makan yang kurang baik, setelah 1 sampai 2 minggu pemberian madu (Royal Jelly Honey) dengan dosis 2 sendok makan di pagi hari dan 2 sendok makan di malam hari, menunjukan perubahan yang sangat luar biasa baik terhadap nafsu makan yang meningkat maupun pada 'perbaikan daya tahan tubuh mereka.


Kita berharap berbagai penelitian ilmiah yang lebih serius guna menyingkap sejumlah manfaat farmakologi dari madu lebah lebih banyak dilakukan pada masa yang akan datang.


MADU SEBAGAI PREBIOTIK
Salah satu manfaat madu adalah mengendalikan "bakteri jahat" tanpa mengganggu keberadaan "bakteri baik" alias madu berfungsi sebagai senyawa "Prebiotik". Ada beberapa faktor yang membuat madu memiliki sifat prebiotik.


Pertama, kadar gula alami yang tinggi pada madu (terdiri dari g/ukosa 34%, fruktosa 40,54%, sukrosa 1,9%) mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri.


Kedua, madu bersifat asam (mengandung asam formiat, asam malat, asam asetat, asam sitrat, asam suksinat, dengan ph 3 - 4) yang tidak disukai oleh "bakteri jahat".


Ketiga, madu mengandung senyawa radikal hidrogen peroksida (H2O2) yang sanggup menghabisi "bakteri jahat" dan berbagai mikro organisme berbahaya lainnya.


Keempat, madu mengandung senyawa organik yang bersifat "anti bakteri jahat", antara lain "inhibine" dari kelompok flavonoid, glikosida dan polyphenol.


Kelima, senyawa 10-hidroxidecen-2-oic acid merupakan senyawa "anti bakteri jahat" yang dikandung oleh "royal jelly" pada madu.


MADU SEBAGAI ANTIBAKTERI
Bisa dipakai sebagai "obat luka". Pada penelitian itu telah ditemukan bahwa orang-orang yang menggunakan madu dengan cara menaruhnya dalam pembalut luka, sembuh seperempat kali lebih cepat ketimbang mereka yang cuma menggunakan pengobatan standar biasa. Menurut Mark Stengler, madu memiliki efek anti peradangan alami yang menyebabkan luka sembuh lebih cepat. Selain itu, madu juga mengandung "fitokimia" (zat-zat kimia yang terdapat pada berbagai jenis tumbuhan dan bahan makanan) yang dapat membunuh virus, bakteri, dan jamur.


Pada tahun 1998, sebuah studi dilakukan di India untuk mengetahui 'medicinal value' efek madu dalam pengobatan luka bakar. Penelitian dilakukan pada dua kelompok penderita luka bakar yang masing-masing kelompok sebanyak 52 orang penderita. 52 pasien luka bakar kelompok pertama menggunakan madu sebagai obat. Sementara 52 pasien kelompok kedua diberikan obat sulfadiazine.


Hasilnya: 87% kelompok madu sembuh dalam 15 hari. Sedangkan pada kelompok kedua yang menggunakan obat sulfadiazine hanya 10% yang mampu pulih dalam kurun waktu yang sama.


Madu sudah sejak lama dipercaya sebagai “antibiotik". Penelitian di University of Waikoto, Hamilton, Selandia Baru membuktikan bahwa madu memang mengandung zat antibiotik yang sangat mujarab dalam menangkis serangan bakteri.


Ada banyak infeksi yang mampu diobati dan dihambat dengan mengkonsumsi madu secara teratur, antara lain: penyakit saluran pencernaan, penyakit kulit, batuk, pilek dan infeksi saluran pernafasan, demam, hati, dan masih banyak penyakit lainnya.





MADU : PH BEE POLLEN

adalah "madu murni multi flora" yang mengandung "bee pollen" dan telah digunakan sebagai obat nutrisi ("nutritional medicine") yang utama untuk berbagai penyakit di RS Holistic sejak tahun 1993. Ciri-ciri madu Holistic lebih menekankan pada nutrisi tubuh, efek samping sangat rendah dan kadaluwarsanya lama.


BAHAN UTAMA :
Madu murni dengan kandungan Nutrisi Alami yang sangat tinggi seperti Vitamin A, B, C, D, B Kompleks (B1, B2, B5, B6), Vit. E dan K serta Enzim dan berbagai zat lainnya yang berguna.


UMUMNYA BERKHASIAT :

meningkatkan stamina
meningkatkan daya tahan tubuh
sebagai antibiotik alami
menurunkan demam pada anak-anak dan dewasa


SANGAT BAIK UNTUK PENDERITA PENYAKIT :

1. Insomnia
2. Mata minus dan atau silinder
3. Masalah gigi dan sariawan
4. Batuk dan tenggorokan berlendir
5. Keluhan jantung, hipertensi, kolesterol dan stroke
6. Gastritis, luka lambung kronis, masalah lambung
7. Tidak ada nafsu makan, mual, muntah
8. Food poisoning (kombinasikan dengan air kelapa hijau)
9. Diare, disentri (kombinasikan dengan air kelapa hijau)
10. Usus buntu
11. Sulit BAB dan ambeien
12. Obesitas
13. Liver atau hepatitis, abses hati dan hepatoma
14. Radang kantung empedu dan batu empedu
15. Gangguan kencing, infeksi sal.kencing dan batu ginjal
16. Diabetes Mellitus
17. Radang kelenjar prostat dan pembesaran prostat
18. Tumor atau kanker paru dan kanker darah (lymphoma)
19. Tumor atau kanker payudara, rahim, mulut rahim
20.,Endometriosis, keputihan dan premenopouse
21. Mens sakit, tidak mens atau mens tidak teratur
22. Osteo arthritis dan osteoporosis
23. Asam urat ringan, gout, dan rhematoid arthritis
24. Low back pain dan mengurangi rasa nyeri
25. Psoriasis, dermatitis, herpes simplex dan herpes zoster





MADU PURE HONEY + BEE POLLEN











====================

CUKA APEL

APA ITU CUKA APEL ORGANIC
minuman kesehatan yang sudah ratusan tahun dikonsumsi oleh masyarakat dahulu sebagai penyembuh dan pembersih berbagai penyakit, bakteri, virus dan sel jahat demi kehidupan yang lebih sehat dan panjang umur




CUKA APEL ORGANIK DIPRODUKSI
tanpa proses kimiawi, tampak agak, keruh dan berwarna kecoklatan, terbuat dari apel segar yang dihancurkan kemudian dibiarkan berfermentasi secara alami.


BAHAN UTAMA :
· Apel Lokal Organik


MANFAAT UTAMA
Terapi Penunjang Untuk Penyakit Asam Urat, Hipertensi, Hipotensi, Diabetes Mellitus, Kolesterol, Penyakit Jantung, Paru-Paru, Mual, Perut Kembung Dan Sakit Persendian


CUKA APEL ORGANIC SANGAT BAIK UNTUK PENDERITA PENYAKIT :
1. asam urat ringan dan gout
2. diabetes dini dan luka gangrene
3. kolesterol, hipertensi dan jantung
4. low back pain, osteoarthritis dan osteoporosis
5. endometriosis dan keputihan
6. frigid dan premenopouse
7. obesitas,
8. jerawat
9. psoriasis
10. autis
11. parkinson12. sulit bab


Cuka apel yang bagus & sehat adalah yang punya endapan apel & keruh. 

Jadi kalau ada cuka apel yang bening justru sudah  gak baik, bagus & sehat karena cuka apelnya sudah melalui penyulingan. 


  VIDEO CUKA APEL

 

Tidak ada komentar:

ERFINS



ERFINS

 




HUBUNGI KAMI

 HUBUNGI KAMI DI HP / WA : 



0895 12649 818

0812 56 161720  

IN ENGLISH

IN ENGLISH
IN ENGLISH

ABOUT US / TENTANG KAMI

ABOUT US / TENTANG KAMI
ABOUT US / TENTANG KAMI

VOREZZ

VOREZZ
VOREZZ JASA PEMBUATAN WEBSITE PROFESIONAL BOGOR Jasa Pembuatan Website, Iklan & Promo Di Internet, E Mail, Google Search Engine, Google Maps, Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, Forum Jual Beli Kerjasama , News & Info, Update & Renovasi Website ,Merubah Blog Ke Web Dll

WISATAMA

WISATAMA
WISATAMA bergerak di bidang Jasa Perjalanan Wisata, Tour Travel, Event Organizer, Jasa Guide.

INDOVITA INTERIOR

INDOVITA INTERIOR
KREY KAYU PINTU KASA NYAMUK SHOWER SCREEN PENYEKAT RUANGAN PENYEKAT RUANGAN PLUS KACA ACRILIX KASA NYAMUK MAGNET KASA NYAMUK PARABOLA LIST FIBER KREY ALUMUNIUM VERTICAL BLINDS KREY KAYU / WOODDEN BLINDS ROLLER BLINDS

LOKASI

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI CLYP

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI CLYP
LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI CLYP

MY YOUTUBE1 - PLAYLIST - LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL

MY YOUTUBE 2

MY TIK ROK

MY TWITTER

MY TWITTER
https://twitter.com/erfinsyafrizal3

INSTAGRAM

INSTAGRAM
www.instagram.com/erfin_syafrizal

WA 0812 56 161720

ERFIN SONG & MUSIC MAKER

ERFIN SONG & MUSIC MAKER
ERFIN SONG & MUSIC MAKER - ESMM JASA PEMBUATAN LAGU DAN MUSIK Kami menerima pembuatan lagu dan musik. Jasa dari kami : Jasa pembuatan aransemen lagu murah, Jasa pembuatan jingle, Jasa produksi lagu, Jasa aransemen lagu , Jasa pembuatan lagu karaoke, Jasa pembuatan lagu mars, dll.

LAGU KARYA KAMI DI SOUNDCLOUD

LAGU KARYA ERFIN SYARIZAL

LAGU KARYA ERFIN SYARIZAL
https://laguerfin.blogspot.com/

LAGU KARYA ERFIN SYAFRIZAL DI YOUTUBE 3

AKBAR SUPER EXPRESS

AKBAR SUPER EXPRESS
AKBAR SUPER EXPRESS - ASE SAME DAY,JASA PENGIRIMAN MAKANAN SEHARI SAMPAI, ASE 1 HARI SAMPAI,PENGIRIMAN KILAT SATU HARI, PENGIRIMAN PAKET 1 HARI SAMPAI